Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana model evaluasi kirkpatrick digunakan pada evaluasi program penghidupan melalui bimbingan budidaya hidroponik bagi penerima manfaat di Sentra Dharma Guna Bengkulu. Adapun evaluasi menurut model evaluasi kirkpatrick (model empat level) yang dirancang untuk menentukan efektivitas program penghidupan melalui bimbingan budidaya hidroponik bagi penerima manfaat di Sentra Dharma Guna Bengkulu. Penelitian kualitatif ini melibatkan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan adalah wawancara, observasi dan pengambilan dokumentasi. Teknik validasi data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi waktu, trianggulasi subjek dan trianggulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini adalah pendamping penerima manfaat, instruktur bimbingan keterampilan budidaya hidroponik serta penerima manfaat yang mengikuti bimbingan keterampilan budidaya hidroponik. Hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa pada level-1 reaction, membahas persiapan seperti materi, fasilitas, strategi, media pembelajaran, jadwal kegiatan. Pada level-2 learning, membahas pengetahuan, sikap dan keterampilan dari penerima manfaat. Pada level-3 behavior, melakukan penilaian setelah penerima manfaat sudah selesai mengikuti bimbingan keterampilan budidaya hidroponik. Level-4 result, tingkat dampak dari adanya pelatihan bagi lembaga serta penerima manfaat.


Kata Kunci: Evaluasi, Kirkpatrick, Penerima Manfaat, budidaya hidroponik

Keywords

Kata Kunci : Evaluasi kirkpatrick penerima manfaat budidaya hidroponik

Article Details

How to Cite
Nadia, N. I. B. S. (2024). Model Evaluasi Kirkpatrick Pada Evaluasi Program Penghidupan Bagi Penerima Manfaat Di Sentra Dharma Guna Bengkulu. Journal Of Lifelong Learning, 7(1), 70–76. https://doi.org/10.33369/joll.7.1.70-76

References

  1. Anwar, Pendidikan Kecakapan Hidup, Konsep dan Aplikasi, (Bandung: CV Alfa Beta,2004)
  2. Depdiknas, Pedoman Penyelenggaraan Program Kecakapan Hidup (Life Skills) Pendidikan Nonformal, (Jakarta: Ditjen Diklusepa, 2007).
  3. Isnaeni & Sudrajat. (2022), Evaluasi Pasca pelatihan Menggunakan Model Kirkpatrick. Yogyakarta:Deepublish.
  4. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kamus versi online/daring (dalam jaringan) diakses pada 27 Februari 2023. https://kbbi.web.id/didik
  5. Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. PERMENSOS No 10 Tahun 2017 Tentang Program Keluarga Harapan
  7. PERMENSOS NO 07 TAHUN 2022 TENTANG ASISTENSI REHABILITASI SOSIAL
  8. Sudjana, Djuju. (2010). Pendidikan Non Formal: Manajemen Program Pendidikan. Bandung.
  9. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Alfabeta: Bandung.
  10. Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan nasional (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).
  11. Widoyoko, E. P. (2022). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.