Main Article Content

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan pendidikan kecakapan hidup bagi warga belajar berkebutuhan khusus Paket A di PKBM Nad Batsya Center Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data digunakan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik validasi data menggunakan triagulasi subjek, triagulasi teknik dan triagulasi waktu. Subjek penelitian ini adalah tiga orang tutor PKBM Nad Batsya Center Kota Bengkulu. Hasi dari penelitian adalah adanya pendidikan keicakapan hiidup bagii warga beilajar beirkeibutuhan khusus Pakeit A dii PKBM Nad Batsya Ceinteir Kota Beingkulu yaiitu keiteirampiilan beirbahasa, keiteirampiilan beirsosiialiisasii, keiteirampiilan kogniitiif, dan keiteirampiilan keiseihatan umum, fiisiik dan peiriilaku yang diibuat meinjadii DSM (Diiagnostiic and Statiistiical Manual of Meintal Diisordeir)

Keywords

Kecakapan Hidup, DSM

Article Details

How to Cite
Anggraina, B., & Zulkarnain, R. (2023). Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Warga Belajar Berkebutuhan Khusus Paket A di PKBM Nad Batsya Center Kota Bengkulu: Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Warga Belajar Berkebutuhan Khusus Paket A di PKBM Nad Batsya Center Kota Bengkulu. Journal Of Lifelong Learning, 6(2), 129–136. https://doi.org/10.33369/joll.6.2.129-136

References

  1. Aisyah dan Uimmui. 2020. Uipaya Peingeimbangan Keicakapan Hiduip (Lifei Skill) Teirhadap Anak Tuinagrahita Di Seikolah Luiar Biasa Neigeiri 1 Kabuipatein Wajo. Sipakaleibbi vol. No2.
  2. Deisi, dkk. 2022. Peingeirtian Peindidikan. Juirnal Peindidikan dan Konseiling Voluimei 4 Nomor 6 Tahuin 2022.
  3. Jaharuidin. 2018. Aplikasi Peindidikan Keicakapan Hiduip (Lifei Skill) Pada Mata Peilajaran Biologi Dalam Meiningkatkan Hasil Beilajar Biologi Siswa Keilas VIII MTSN Modeil Makassar. JuirnalPeindidikan; Vol.6, No.2. ISSN: 2337-607; EiISSN : 2337-7593.
  4. KBBI (Kamuis Beisar bahasa Indoneisia).
  5. Muinifah dan Bagas. 2021. Sineirgi Peindampingan seibagai Modal Peimbeilajaran Peindidikan Inkluisif di PKBM Yogyakarta. Inkluisi Jouirnal of Disability Stuidieis, voluimei 8, no.2.
  6. Pajriah, dkk. 2018. Peingeilolaan Program Keicakapan Hiduip Meilaluii Kuirsuis Garnieir Kuiei Di SKB Kota Tasikmalaya. Juirnal Ceindikiawan Ilmiah PLS Vol 3 No 1.
  7. Rahman Abd, dkk. 2022. Peingeirtian Peindidikan, Ilmui Peindidikan dan Uinsuir-uinsuir Peindidikan. Al Uirwatuil Wuitsqa, voluimei 2 no.1.
  8. Rian, dkk. 2021. Karakteiristik, Jeinis Dan Satuian Peindidikan Luiar Seikolah. ITTIHAD, Vol V, No 1.
  9. Rizka dan Rila. 2016. Strateigi Peingeimbangan Inovasi Program Peindidikan Nonformal Seibagai Beist Practiceis Bagi Puisat Keiiatan Beilajar Masyarakat. Juirnal Peindidikan dan Peimbeirdayaan Masyarakat, Voluimei 3 Nomor 2, Noveimbeir (187 – 196)
  10. Saeipuiddin dan Adei Sadikin. 2016. Peinguiatan Manajeimein Puisat Keigiatan Beilajar Masyarakat Dalan Meiningkatkan Muitui Layananan Peindidikan Nonformal. Juirnal Ilmiah visi pptk pauidni - vol. 11, no. 2.
  11. Sondari Yayui, dkk. 2018. Peineirapan Peindidikan Inkluisif Pada Program Keiseitaraan di PKBM Srikandi. Juirnal Comm-Eidui, voluimei 1 nomor 3
  12. Suiryono, Yoyon. 2016. Inovasi Peindidikan Nonformal. Graha Ceindikia. Yogyakarta.
  13. Uindang-Uindang RI No.20, Pasal 13 Ayat 1 tahuin 2003 Teintang Jaluir Jeinjang dan Jeinis Peindidikan. Deipdiknas. Jakarta.
  14. Uindang-Uindang RI No.20, Pasal 3 Tahuin 2003 Teintang Sisteim Peindidikan Nasional. Deipdiknas. Jakarta.