Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan pembelajaran prgram gerakan literasi oleh PKBM Ilmu Bunda (studi kasus diLPKA kota Bengkulu. Metode yng digunakan yaitu kuulitatif dengan pendekaatan deskritif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, obserrvasi dan dokumentasi. Haasil penelitian ini adalah adanya tahapan pembelajaran program gerakan literasi oleh PKBM Ilmu Bunda (studi kasus diLPKA kota Bengkulu) yaitu peserta didik melakukan kegiatan membaca bersama, kegiatan literasi yng dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013, strategi yng harus dipersiapkan oleh tutor dalam kegiatan yng sedang dilakukan serta tutor menggunkan lingkungan fisik, sosial, eemosional, dan akademik disertai dengan berbagai bacaan yng tersedia memperkaya peserta didik tentang program literasi seperti kegiatan membuat buku cerita begambar, cerpen dan puisi tentang kehidupan yng pernah peserta didik alami. Tujuann dari tahapan ini mengembangkan kemampuan memahami teks dan menghubungkannya dengan pengaalaman pribadi, berpikir kritis dan mengolah keterampilan komunikasi secara kreatif, seperti kegiatan dalam program gerakan literasi dengan membuat buku cerita bergambar, cerpen dan puisi yng berkaitan dengan pengalaman pribadi siswa di fasilitas khusus tumbuh kembang anak di Kota Bengkulu

Keywords

Literasi PKBM LPKA

Article Details

How to Cite
Zantyke Losvita, Z. L., Sofino, S., & Abdullah, I. (2024). Tahapan Pembelajaran Program Gerakan Literasi Oleh PKBM Ilmu Bunda (Studi Kasus diLPKA kota Bengkulu). Journal Of Lifelong Learning, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/joll.7.1.1-7

References

  1. Hartanto, D. A. (2020). Hak NARAPIDANsA DALAM PRESPEKTIF HAK ASASI MANUSIA.
  2. Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
  3. Ngurh Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewt Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
  4. Nurdiyana, N. (2019). Penyuluhan Pentingnya Penidikan Untuk Perempuan Millenial. Jurnal Lyalitas Sosial, 1(1), 13. https://doi.org/10.32493/jls.v1i1.y2019.p13-24
  5. Nurkholis. (2013). PNDIDIKAN DALAM UPYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
  6. Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Prgrm Literasi di Sekolah Dasar. Jrnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211
  7. Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). DESAIN INDUK GERAKAN LITERASI SEKOLAH. In Paper Kowledge . Toward a Media History of Documents
  8. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuanttatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  9. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.