Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan pembelajaran prgram gerakan literasi oleh PKBM Ilmu Bunda (studi kasus diLPKA kota Bengkulu. Metode yng digunakan yaitu kuulitatif dengan pendekaatan deskritif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, obserrvasi dan dokumentasi. Haasil penelitian ini adalah adanya tahapan pembelajaran program gerakan literasi oleh PKBM Ilmu Bunda (studi kasus diLPKA kota Bengkulu) yaitu peserta didik melakukan kegiatan membaca bersama, kegiatan literasi yng dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013, strategi yng harus dipersiapkan oleh tutor dalam kegiatan yng sedang dilakukan serta tutor menggunkan lingkungan fisik, sosial, eemosional, dan akademik disertai dengan berbagai bacaan yng tersedia memperkaya peserta didik tentang program literasi seperti kegiatan membuat buku cerita begambar, cerpen dan puisi tentang kehidupan yng pernah peserta didik alami. Tujuann dari tahapan ini mengembangkan kemampuan memahami teks dan menghubungkannya dengan pengaalaman pribadi, berpikir kritis dan mengolah keterampilan komunikasi secara kreatif, seperti kegiatan dalam program gerakan literasi dengan membuat buku cerita bergambar, cerpen dan puisi yng berkaitan dengan pengalaman pribadi siswa di fasilitas khusus tumbuh kembang anak di Kota Bengkulu
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Zantyke Losvita Zantyke Losvita, Sofino Sofino, Ilham Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Hartanto, D. A. (2020). Hak NARAPIDANsA DALAM PRESPEKTIF HAK ASASI MANUSIA.
- Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
- Ngurh Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewt Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
- Nurdiyana, N. (2019). Penyuluhan Pentingnya Penidikan Untuk Perempuan Millenial. Jurnal Lyalitas Sosial, 1(1), 13. https://doi.org/10.32493/jls.v1i1.y2019.p13-24
- Nurkholis. (2013). PNDIDIKAN DALAM UPYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
- Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Prgrm Literasi di Sekolah Dasar. Jrnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211
- Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). DESAIN INDUK GERAKAN LITERASI SEKOLAH. In Paper Kowledge . Toward a Media History of Documents
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuanttatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
References
Hartanto, D. A. (2020). Hak NARAPIDANsA DALAM PRESPEKTIF HAK ASASI MANUSIA.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Ngurh Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewt Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
Nurdiyana, N. (2019). Penyuluhan Pentingnya Penidikan Untuk Perempuan Millenial. Jurnal Lyalitas Sosial, 1(1), 13. https://doi.org/10.32493/jls.v1i1.y2019.p13-24
Nurkholis. (2013). PNDIDIKAN DALAM UPYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Prgrm Literasi di Sekolah Dasar. Jrnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211
Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). DESAIN INDUK GERAKAN LITERASI SEKOLAH. In Paper Kowledge . Toward a Media History of Documents
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuanttatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.