Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C Oleh Pengelola Pkbm Akbar Dan Pkbm Putri Ayu Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik. Hasil penelitian adalah, PKBM Akbar dan Putri Ayu melaksanakan evaluasi untuk perencanaan program, evaluasi dilakukan pada bulan Januari, hasil rapat ini menghasilkan program kerja untuk satu tahun berjalan. Hasil evaluasi program PKBM Akbar dan Putri Ayu hanya untuk program lanjutan, kedua PKBM ini tidak/belum memperluas program maupun program yang diberlakukan. PKBM Akbar berupaya meningkatkan keaktifan warga belajar mengikuti pembelajaran, sedangkan PKBM Putri Ayu berupaya meningkatkan jumlah warga belajar. Hasil evaluasi program juga memberi masukan untuk memodifikasi program. Materi pembelajaran dan metode pembelajaran dibuat lebih menarik, waktu dan jadwal pembelajaran disesuaikan dengan kondisi warga belajar. Faktor pendukung dan penghambat program yaitu pengelola menggali informasi dari seluruh pihak yang terlibat, baik Kepala Sekolah, Tutor, Tenaga Administrasi maupun Operator. Faktor pendukungnya adalah keaktifan dan kehadiran Tutor dalam melaksanakan pembelajaran. faktor penghambat yang ditemukan adalah keaktifan warga belajar dalam pembelajaran.

Keywords

Evaluasi, Program PNF

Article Details

How to Cite
Meylinda, & Rufran Zulkarnain. (2024). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PNF OLEH PENGELOLA UNTUK MEMBERI MASUKAN PADA PERENCANAAN PROGRAM . Journal Of Lifelong Learning, 7(2), 162–170. https://doi.org/10.33369/joll.7.2.162-170

References

  1. Depdiknas (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.
  2. Dino Sumaryono (2012). Rogram Adalah Segala Sesuatu Yang Dilakukan Dengan Harapan Akan Mendapatkan Hasil Atau Manfaat. Malang
  3. Emzir. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta. Rajawali pers.
  4. Fuad, Anis & Sapto Kandung (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Graha Ilmu.
  5. Josoef, Soelaiman (1992). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. jakarta: Bumi Aksara
  6. Lilis. (2023) Keterlaksanaan dan Hambatan Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 5 Nomor 3 Juni 2023 Halaman 1346 - 1354
  7. Meleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung PT Remaja Rosdakarya Offset.
  8. Marzuki Saleh, (2012). Pendidikan Nonformal Dimensi Keaksaraan Fungsional Pelatihan Andragogi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
  9. Mustafa, Kamil. (2007). Model Pendidikan dan Pelatihan Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
  10. Saroso, Sumaji (2017). Penelitian Kualitatif Dasar- Dasar. Jakarta Barat. Indeks
  11. S. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat.. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10, 67–7
  12. Sudjana. H.D. (2004). Manajemen Program Pendidikan. Falah production. Bandung.
  13. Sultan Jadid. (2023). Evaluasi program penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakel Plus Yogyakarta. Volume 14 Nomor 1 Tahun 2023 Halaman. 82-90 DOI. 10.21831/jpka.v14i1.53206
  14. Tim Pengembang MKDP. Kurikulum & Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta
  15. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat 1 tentang Semua Warga Berhak Mendapatkan Pendidikan
  16. Undang- Undang No 20 Tahun 2003 Pasal 13 ayat 1tentang Jalur Pendidikan