Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan vokasional yang dilakukan oleh disabilitas mental/pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) Di Sentra Dharma Guna Bengkulu. Penelitian adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsaan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran keterampilan vokasional disabilitas mental di Sentra Dharma Guna Bengkulu adalah Pertama, tujuan pembelajaran ialah sebagai rehabilitas untuk mengembalikan, mempertahankan, dan melatih keterampilan PPKS. Kedua, pendekatan berupa motivasi dan inspirasi pembelajaran keterampilan pada PPKS. Ketiga, metode, teknik, dan prosedur pembelajaran keterampilan yaitu dengan PPKS langsung praktik mengerjakan tugas yang diberikan instruktur. Keempat, kriteria keberhasilan pembelajaran keterampilan dengan melihat keaktifannya, interaksi, dan penerapan pembelajaran pada PPKS saat keterampilan.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Alpiansyah alpian, Sofino

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48.
- Falah, A. (2015). Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 01 Karangmalang Gebog Kudus. Elementary, 3, 171–195.
- Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
- Haryanto, I. S. dan. (2018). Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Dalam Pendekatan Rehabilitasi dan Pekerjaan Sosial.
- Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. Insan Cendikia Madani.
- Indria, A. T., & Kasih, P. (2023). Perancangan Sistem Bantu Penentuan Metode Pembelajaran Terbaik Menggunakan Algoritma Weighted Product. Stains (Seminar Nasional …, 2, 319–328.
- Muzni, K. dan A. I. (2020). Strategi pembelajaran dalam profesi keguruan. Rajawali pers Depok.
- Salahuddin, A. (2012). Bimbingan dan Konseling. CV Pustaka Setia.
- Sosial, K. (2019). Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 732, 11(1), 1–14.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabet.
- Undang-Undang Republik Indonesia. (2016). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS. 2016.
- UU RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
References
Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48.
Falah, A. (2015). Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 01 Karangmalang Gebog Kudus. Elementary, 3, 171–195.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Haryanto, I. S. dan. (2018). Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Dalam Pendekatan Rehabilitasi dan Pekerjaan Sosial.
Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. Insan Cendikia Madani.
Indria, A. T., & Kasih, P. (2023). Perancangan Sistem Bantu Penentuan Metode Pembelajaran Terbaik Menggunakan Algoritma Weighted Product. Stains (Seminar Nasional …, 2, 319–328.
Muzni, K. dan A. I. (2020). Strategi pembelajaran dalam profesi keguruan. Rajawali pers Depok.
Salahuddin, A. (2012). Bimbingan dan Konseling. CV Pustaka Setia.
Sosial, K. (2019). Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 732, 11(1), 1–14.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabet.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2016). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS. 2016.
UU RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional