Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Peran Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik. Hasil penelitian adalah Kepala SPNF SKB bepereran memberikan pengerahan kepada pamong belajar, dalam kegiaatan perencanaan program jangka pendek atau  perencanaan selama satu tahun dengan direalisasikan dalam anggaran Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Kepala SPNF SKB memberikan arahan dan mengevaluasi visi dan misi setiap rapat awal semester pada bulan Januari untuk menentukan apakah ada visi misi yang tidak terlaksana . Kepala SPNF SKB berperan menjadi juru bicara pada kegiatan kegiatan kerjasama dengan mitra. Kepala SPNF SKB berperan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan efektif pada pamong belajar dan staf. Kepala SPNF SKB berperan dalam memberikan motivasi kepada pamong belajar dan staf, motivasi yang diberikan dalam bentuk reward, apresiasi, misalnya dalam hal pekerjaan . Kepala SPNF SKB berperan dalam memediasi jika menemukan masalah, strategi pemecahan masalah dengan melakukan rapat terbuka, Tujuan rapat ini untuk mencari solusi dari permasalahan

Keywords

Penerapan, Peran, Kepemimpinan

Article Details

How to Cite
Yonda, Y. K. L. (2024). Penerapan Peran Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) . Journal Of Lifelong Learning, 7(1), 61–69. https://doi.org/10.33369/joll.7.1.61-69

References

  1. Abijaya, S., Wildanu, E., & Jamaludin, A. (2021). Peranan Kepemimpinan dalam Organisasi (Studi Kasus Peran Pimpinan dalam Menjaga Soliditas Karyawan di PT. Nippon Indosari Corpindo). Jurnal Soshum Insentif, 4(1), 17–26.
  2. Alvia Santoni. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap . urnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, Vol. 7 No. 3, September 2021 Available online
  3. Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipt
  4. Ari P & Citra Dwi P. (2023). Kepemimpinan Pendidikan Resvonisive Gender Dalam Presfektif PendidikanbNonformal. CV. Eureka Media Aksara : Jawa Tengah
  5. Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakrta: Depdiknas
  6. Departemen Sosial R.I. (2004). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: Kep/03/M.PAN/1/2004 tentang Jabatan Fungsional Pekerja Sosial dan Amgla Kreditnya. Bandung: Departemen Sosial R.I Biro Kepegawaian dan Hukum.
  7. Emzir. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta. Rajawali pers.
  8. Kreitner R, Kinicki. (2011) Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
  9. Nayla Adelina Istika. (2022). The Important Role Of An Organizational Leader In Making Decisions. Jakarta Jl. RS Fatmawati, Pondok Labu, Jakarta Selatan, 12450
  10. Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
  11. Sihombing, Umberto. (2001). Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa
  12. Sri Wulan. (2023). Dinamika Kepemimpinan dalam Organisasi: Sebuah Analisis Komprehensif Mengenai Tipologi, Gaya, dan Peran Kepemimpinan dalam Organisasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, Vol. 12, No. 4, November 2023
  13. Kepemimpinan dalam Organisasi. Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Bandung Jurnal Ilmu Akuntansi dan Bisnis Syariah Volume I/ Nomor 02/ Juli 2019
  14. Wati, E. S., Sarwoko, E., & Yuniarianto, A. (2020). Budaya Organisasi sebagai mediasi Hubungan Kepemimpinan dan Kinerja Karyawan. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), Inpress.