Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran guru serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui metode cerita di Kelompok Bermain (KB) Lestari Cibitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri kepala lembaga, dua orang guru, dan dua orang tua peserta didik. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa peranan guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa yang meliputi menentukan topik yang menarik dan relevan dengan minat serta kebutuhan peserta didik, guru menyusun kerangka cerita dengan mengumpulkan bahan dari berbagai sumber, seperti buku dan pengalaman pribadi, kerangka yang kemudian dikembangkan dengan ide-ide kreatif, menyusun teks cerita yang mudah dipahami peserta didik, penyampaian cerita dilakukan secara ekspresif serta menggunakan karakteristik dan gaya yang menarik, serta melibatkan berbagai media seperti musik, lagu, dan ilustrasi untuk menarik perhatian peserta didik sejak awal, serta penilaian terhadap perkembangan dan pencapaian anak dilakukan menggunakan pedoman observasi yang telah disusun sebelumnya. Selain itu, faktor pendukung diantaranya muatan pendidikan, motivasi dan dukungan, serta penerapan metode pembelajaran yang tepat sedangkan faktor penghambat diantaranya pengaruh lingkungan eksternal dan penggunakan gadget, keterbatasan dalam perkembangan bahasa, serta kurangnya sarana dan prasarana. Dengan demikian, bahwa peran guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui metode cerita di KB Lestari Cibitung sangat penting dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Imam Nurhafizh, Dayat Hidayat, Sutarjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id. Diakses 17 Februari 2023.
- Danim, S. dan Khairil. 2013. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
- Fadillah, M. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoretik & Praktik. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Akbar, E. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
- Ningsih, D. (2023). “Penerapan Metode Bercerita Berbasis Edukatif untuk Meingkatkan Konsentrasi dan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TKIT Ummi di Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah Teknologi. 13 (1). 203-211.
References
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id. Diakses 17 Februari 2023.
Danim, S. dan Khairil. 2013. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Fadillah, M. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoretik & Praktik. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Akbar, E. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Ningsih, D. (2023). “Penerapan Metode Bercerita Berbasis Edukatif untuk Meingkatkan Konsentrasi dan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TKIT Ummi di Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah Teknologi. 13 (1). 203-211.