Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan faktor pendukung dan penghambat dari penerapan project based learning dalam mengembangkan berpikir kritis anak pada PAUD Al-Hanin Bekasi. Latar belakang penerapan project based learning di PAUD Al-Hanin. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala lembaga, guru PAUD, dan orang tua anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan project based learning pada PAUD Al-Hanin berhasil mengembangkan berpikir kritis pada anak, serta kelancaran berbicara pada anak yang mengalami speech delay, dan meningkatkan kreativitas pada anak. Proses penerapan projek based learning menggunakan langkah-lanhkah seperti, menanyakan pertanyaan yang esensial, desain proyek, pembuatan jadwal aktivitas, pengerjaan proyek, monitoring perkembangan, proses refleksi, evaluasi pengalaman. Penilaian yang di gunakan dengan mengukur perkembangan berpikir kritis anak dengan melihat perkembangan interperantation, keterampilan pemecahan masalah, kemampuan mengevaluasi dan inferensi. Dengan demikian, penerapan project based learning pada PAUD Al-Hanin berjalan efektif mengembangkan berpikir kritis, membangun percaya diri pada anak, dan dapat membentuk anak partisipasi aktif dalam pembelajaran serta kepekaan terhadap lingkungan sekitar.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Aulya Ahdaniah, Uum Suminar, Sutarjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Maman Sulaeman, Aplikasi Project-Based Learning Untuk Memmbangun Keterapilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik (Depok: Bioma Publishing (BiP), 2020).
- Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992, hlm. 16.
- Muhammad Shohibul Ihsan, Agus Ramdani, and Saprizal Hadisaputra, “Pengembangan ELearning Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” Jurnal Pijar Mipa 14, no. 2 (July 31, 2019): 84–87.
- Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.
- Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Jakarta.
References
Maman Sulaeman, Aplikasi Project-Based Learning Untuk Memmbangun Keterapilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik (Depok: Bioma Publishing (BiP), 2020).
Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992, hlm. 16.
Muhammad Shohibul Ihsan, Agus Ramdani, and Saprizal Hadisaputra, “Pengembangan ELearning Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” Jurnal Pijar Mipa 14, no. 2 (July 31, 2019): 84–87.
Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Jakarta.