Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan faktor pendukung dan penghambat dari penerapan project based learning dalam mengembangkan berpikir kritis anak pada PAUD Al-Hanin Bekasi. Latar belakang penerapan project based learning di PAUD Al-Hanin. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala lembaga, guru PAUD, dan orang tua anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan project based learning pada PAUD Al-Hanin berhasil mengembangkan berpikir kritis pada anak, serta kelancaran berbicara pada anak yang mengalami speech delay, dan meningkatkan kreativitas pada anak. Proses penerapan projek based learning menggunakan langkah-lanhkah seperti, menanyakan pertanyaan yang esensial, desain proyek, pembuatan jadwal aktivitas, pengerjaan proyek, monitoring perkembangan, proses refleksi, evaluasi pengalaman. Penilaian yang di gunakan dengan mengukur perkembangan berpikir kritis anak dengan melihat perkembangan interperantation, keterampilan pemecahan masalah, kemampuan mengevaluasi dan inferensi. Dengan demikian, penerapan project based learning pada PAUD Al-Hanin berjalan efektif mengembangkan berpikir kritis, membangun percaya diri pada anak, dan dapat membentuk anak partisipasi aktif dalam pembelajaran serta kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Keywords

Pendidikan anak usia dini Project based learning Berpikir kritis

Article Details

How to Cite
Ahdaniah, A., Suminar, U., & Sutarjo. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Anak Pada PAUD Al-Hanin Bekasi. Journal Of Lifelong Learning, 7(1), 35–41. https://doi.org/10.33369/joll.7.1.35-41

References

  1. Maman Sulaeman, Aplikasi Project-Based Learning Untuk Memmbangun Keterapilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik (Depok: Bioma Publishing (BiP), 2020).
  2. Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992, hlm. 16.
  3. Muhammad Shohibul Ihsan, Agus Ramdani, and Saprizal Hadisaputra, “Pengembangan ELearning Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” Jurnal Pijar Mipa 14, no. 2 (July 31, 2019): 84–87.
  4. Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
  5. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.
  6. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.
  7. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Jakarta.