Main Article Content

Abstract

Abstrak


Pemberdayaan masyarakat merupakan strategi penting untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian, terutama di sektor pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan bercocok tanam yang menggunakan model perencanaan pelatihan Caffarella. Model ini mengintegrasikan tahapan perencanaan yang sistematis, mulai dari analisis kebutuhan, desain program, implementasi, hingga evaluasi, sehingga program pelatihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik masyarakat. Pelatihan ini menerapkan metode ceramah, forum group discussion (FGD), dan demonstrasi untuk memastikan bahwa peserta mendapatkan pengetahuan teoretis sekaligus keterampilan praktis dalam bercocok tanam.


Hasil pelatihan menunjukkan bahwa kombinasi metode pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat terkait teknik pertanian yang inovatif dan berkelanjutan. Selain itu, peserta pelatihan mampu mengoptimalkan potensi lokal, meningkatkan hasil pertanian, dan menerapkan teknologi yang sesuai dengan kondisi lingkungan mereka. Pelatihan ini juga berperan dalam memperkuat kemandirian ekonomi masyarakat serta meningkatkan ketahanan pangan lokal.


Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, Pelatihan, Model Cafarella


Abstract


Community empowerment is an important strategy to increase prosperity and independence, especially in the agricultural sector. This research aims to analyze the effectiveness of farming training using the Caffarella training planning model. This model integrates systematic planning stages, starting from needs analysis, program design, implementation, to evaluation, so that training programs can be tailored to the specific needs of the community. This training applies lecture methods, forum group discussions (FGD), and demonstrations to ensure that participants gain theoretical knowledge as well as practical skills in farming.


The results of the training show that the combination of learning methods is effective in increasing community understanding and skills regarding innovative and sustainable agricultural techniques. In addition, training participants are able to optimize local potential, increase agricultural yields, and apply technology that is appropriate to their environmental conditions. This training also plays a role in strengthening the community's economic independence and increasing local food security.


 


Keywords: Community empowerment, training, and the caferella model


 


 

Keywords

Community empowerment, training, and the caferella model

Article Details

How to Cite
Nia Ulfasari, & Azizatul Khairi. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN BERCOCOK TANAM DENGAN MODEL CAFARELLA. Journal Of Lifelong Learning, 7(2), 88–97. https://doi.org/10.33369/joll.7.2.88-97

References

  1. Anam, Khoirul. 2013. Identifikasi Modal Sosial dalam Kelompok Tani dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan Anggota Kelompok Tani. Universitas Brawijaya. Malang.
  2. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul. (2018). Kabupaten Bantul Dalam Angka 2018. Bantul: Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul.
  3. Bekti Istiyanto, Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat, (Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2017), 15-16.
  4. Caffarella, R. S., & Daffron, S. R. (2013). Planning Programs for Adult Learners: A Practical Guide. San Fransisco: Jossey Bass.
  5. Darari, Muhammad Bariqi.2018. Pelatihan pada hakikatnya adalah proses pembelajaran. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis. hlm. 64-69
  6. Harsuko Riniwati. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Aktivitas Utama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia). Penerbit UB Press. Malang
  7. Karmila sari, Rita. 2019. Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Kelas Karyawan. Susunan Artikel Pendidikan (SAP)
  8. Minarni, E.W., Utami, D.S., & Prihatiningsih, N. (2017). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan dengan Budidaya Sayuran Organik Dataran Rendah Berbasis Kearifan Lokal dan Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 147– 154
  9. Nizar, Samsul dan Zainal Efendi Hasibuan (2011). Hadis Tarbawi, Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasuullah, Jakarta: Kalam Mulia, cet. 1
  10. Ratnasari, Sri & dkk.2021. Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Kewirausahaan Menjahit di PKBM Bhina Swakarya. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.
  11. Widjaja, Haw. Otonomi Daeran dan Daerah Otonom. P.T Raja Grafindo Persada, Jakarta; 2011