Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan membatik eco print bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Sentra Dharma Guna Bengkulu. Pelatihan ini dirancang sebagai bentuk pemberdayaan sosial bagi PPKS agar memiliki keterampilan praktis yang dapat meningkatkan kemandirian ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pelatihan meliputi persiapan (pengenalan bahan dan teknik eco print), pelaksanaan (praktik membatik dengan teknik eco print), dan evaluasi (penilaian hasil karya dan umpan balik peserta). Pelatihan ini berdampak positif terhadap PPKS, baik dalam peningkatan keterampilan maupun motivasi untuk mandiri secara ekonomi. Kesimpulannya, pelatihan membatik eco print ini dapat dijadikan model pemberdayaan bagi PPKS di Sentra Dharma Guna Bengkulu, dengan harapan dapat membantu mereka dalam mengembangkan potensi diri dan memperbaiki taraf hidup.
Article Details
Copyright (c) 2025 Zoti Falenza, Lenni Mantili Hutauru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
-
Armstrong, M. (2014). Armstrong's Handbook of Human Resource Management Practice. Kogan Page.
Erian, J., & Ilyas, M. (2020). Teknik dan Metode Pembelajaran Partisipatif. Jakarta: Pustaka Pendidikan
Iswan, A. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Potensi Individu. Bandung: Penerbit Ilmu Nusantara.
Kamil, M. (2012). Model pedidikan dan pelatihan (konsep dan aplikasi). Bandung:Alfabeta.
Kementerian Sosial. (2022). Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Sosial Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial. Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia, 1–8.
Knowles, M. S., Holton III, E. F., & Swanson, R. A. (2011). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development. Elsevier.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice-Hall.
Pramudyo, T. (2017). Pelatihan dan Pengembangan Kinerja. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Syam, J. 2016. “Pendidikan berbasis islam yang memandirikan dan mendewasakan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2).
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 26 Ayat 3. Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Sisdiknas
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Sisdiknas
Undang-Undang Republik Indonesia. (2016). UNDANG-UNDANG REPUBLIK
References
Erian, J., & Ilyas, M. (2020). Teknik dan Metode Pembelajaran Partisipatif. Jakarta: Pustaka Pendidikan
Iswan, A. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Potensi Individu. Bandung: Penerbit Ilmu Nusantara.
Kamil, M. (2012). Model pedidikan dan pelatihan (konsep dan aplikasi). Bandung:Alfabeta.
Kementerian Sosial. (2022). Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Sosial Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial. Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia, 1–8.
Knowles, M. S., Holton III, E. F., & Swanson, R. A. (2011). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development. Elsevier.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice-Hall.
Pramudyo, T. (2017). Pelatihan dan Pengembangan Kinerja. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Syam, J. 2016. “Pendidikan berbasis islam yang memandirikan dan mendewasakan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2).
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 26 Ayat 3. Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Sisdiknas
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Sisdiknas
Undang-Undang Republik Indonesia. (2016). UNDANG-UNDANG REPUBLIK