Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan membatik eco print bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Sentra Dharma Guna Bengkulu. Pelatihan ini dirancang sebagai bentuk pemberdayaan sosial bagi PPKS agar memiliki keterampilan praktis yang dapat meningkatkan kemandirian ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pelatihan meliputi persiapan (pengenalan bahan dan teknik eco print), pelaksanaan (praktik membatik dengan teknik eco print), dan evaluasi (penilaian hasil karya dan umpan balik peserta). Pelatihan ini berdampak positif terhadap PPKS, baik dalam peningkatan keterampilan maupun motivasi untuk mandiri secara ekonomi. Kesimpulannya, pelatihan membatik eco print ini dapat dijadikan model pemberdayaan bagi PPKS di Sentra Dharma Guna Bengkulu, dengan harapan dapat membantu mereka dalam mengembangkan potensi diri dan memperbaiki taraf hidup.

Article Details

How to Cite
Falenza, Z., & Mantili Hutauruk, L. (2025). PELAKSANAAN PELATIHAN MEMBATIK ECO PRINT UNTUK PEMERLU PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI SENTRA DHARMA GUNA BENGKULU. Journal Of Lifelong Learning, 8(1), 42–49. https://doi.org/10.33369/joll.8.1.42-49

References

    Armstrong, M. (2014). Armstrong's Handbook of Human Resource Management Practice. Kogan Page.
    Erian, J., & Ilyas, M. (2020). Teknik dan Metode Pembelajaran Partisipatif. Jakarta: Pustaka Pendidikan
    Iswan, A. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Potensi Individu. Bandung: Penerbit Ilmu Nusantara.
    Kamil, M. (2012). Model pedidikan dan pelatihan (konsep dan aplikasi). Bandung:Alfabeta.
    Kementerian Sosial. (2022). Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Sosial Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial. Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia, 1–8.
    Knowles, M. S., Holton III, E. F., & Swanson, R. A. (2011). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development. Elsevier.
    Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice-Hall.
    Pramudyo, T. (2017). Pelatihan dan Pengembangan Kinerja. Yogyakarta: Andi Offset.
    Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
    Syam, J. 2016. “Pendidikan berbasis islam yang memandirikan dan mendewasakan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2).
    Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 26 Ayat 3. Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Sisdiknas
    Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Sisdiknas
    Undang-Undang Republik Indonesia. (2016). UNDANG-UNDANG REPUBLIK