Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berfokus pada penerapan pendidikan berbasis ekopedagogik dalam membentuk kesadaran lingkungan pada peserta didik di Sekolah Alam Bosowa. Ekopedagogik, sebagai bagian dari gerakan pendidikan lingkungan hidup, bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan melalui integrasi pengetahuan dan pengalaman langsung dengan alam. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai kepedulian lingkungan diterapkan dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler. Kegiatan pembelajaran berbasis alam di Sekolah Alam Bosowa tidak hanya melibatkan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik, sehingga peserta didik tidak hanya memahami konsep lingkungan secara teoretis, tetapi juga melalui praktik langsung. Temuan penelitian menunjukkan bahwa metode pendidikan ini berhasil meningkatkan kesadaran lingkungan dan karakter peduli alam pada peserta didik. Kegiatan seperti farming, outbound, dan market day digunakan untuk memberikan pengalaman langsung yang menyenangkan dan edukatif.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Rahmawati Rahma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aprilia, L., Trihantoyo, S., & Pd, M. (2018). Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Siswa Cinta Lingkungan Dan Berbasis Religi Islami Di Jenjang Sd Sekolah Alam Al-Izzah Krian. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 6(2), 1-8.
- Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Goleman, D. (2010). Kecerdasan Ekologis: Mengungkap Rahasia di Balik Produkproduk yang kita beli. Jakarta: Gramedia.
- Herlambang, Y T, (2018). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.
- Kementerian Lingkungan Hidup, (2004). Kebijakan Pendidikan lingkungan Hidup. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.
- N. Supriatna, “Ecopedagogy dan Green Curriculum” dalam Pembelajaran Sejarah Pendidikan Sejarah Untuk Manusia dan Kemanusiaan. Jakarta: Bee Media, 2012. h. 175.
- P. Freire, Pegagogy Pengharapan, Menghayati Kembali Pedagogi Kaum Tertindas. (terjemahan), Jakarta: Kanisius. 2005, h. 53.
- Ryan & Bohlin, 1999 (Setiawa & Setiawan, 2014:22) pendidikan Karakter dalam Perspektif kewarganegaraan. Medan:Larispa Indonesia
- Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sunanik, S. (2018). Pembelajaran berbasis alam untuk anak usia dini di TK Alam Alazhar Kutai Kartanegara. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
- Suratman dkk., Ilmu Sosial Budaya Dasar (Malang: Intimedia, 2010), hlm. 261
- Trianto, M. P. (2016). Desain pengembangan pembelajaran tematik: Bagi anak usia dini. Prenada Media.
- Yasida, K. S. (2020). Eco-pedagogy. Historika, 23(1), 70-78.
References
Aprilia, L., Trihantoyo, S., & Pd, M. (2018). Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Siswa Cinta Lingkungan Dan Berbasis Religi Islami Di Jenjang Sd Sekolah Alam Al-Izzah Krian. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 6(2), 1-8.
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Goleman, D. (2010). Kecerdasan Ekologis: Mengungkap Rahasia di Balik Produkproduk yang kita beli. Jakarta: Gramedia.
Herlambang, Y T, (2018). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Kementerian Lingkungan Hidup, (2004). Kebijakan Pendidikan lingkungan Hidup. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.
N. Supriatna, “Ecopedagogy dan Green Curriculum” dalam Pembelajaran Sejarah Pendidikan Sejarah Untuk Manusia dan Kemanusiaan. Jakarta: Bee Media, 2012. h. 175.
P. Freire, Pegagogy Pengharapan, Menghayati Kembali Pedagogi Kaum Tertindas. (terjemahan), Jakarta: Kanisius. 2005, h. 53.
Ryan & Bohlin, 1999 (Setiawa & Setiawan, 2014:22) pendidikan Karakter dalam Perspektif kewarganegaraan. Medan:Larispa Indonesia
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunanik, S. (2018). Pembelajaran berbasis alam untuk anak usia dini di TK Alam Alazhar Kutai Kartanegara. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Suratman dkk., Ilmu Sosial Budaya Dasar (Malang: Intimedia, 2010), hlm. 261
Trianto, M. P. (2016). Desain pengembangan pembelajaran tematik: Bagi anak usia dini. Prenada Media.
Yasida, K. S. (2020). Eco-pedagogy. Historika, 23(1), 70-78.