Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelatihan Pengolahan Keripik Daun Mangrove di Kelurahan Jenggalu Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik.. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan ini meningkatkan keterampilan peserta dalam memproduksi keripik daun mangrove berkualitas yang berpotensi meningkatkan pendapatan melalui penjualan produk kepada wisatawan. pengolahan Keripik Daun Mangrove telah berhasil mencapai tujuan utamanya dalam meningkatkan keterampilan peserta, menjaga konsistensi kualitas produk, serta meningkatkan pendapatan masyarakat. Pendekatan yang komprehensif melalui metode ceramah dan praktik, penggunaan media pembelajaran yang efektif, serta penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, semuanya berkontribusi pada keberhasilan program ini. Selain itu, pengelolaan waktu yang baik dan dukungan dalam pemasaran produk juga memainkan peran penting dalam memastikan keberlanjutan dan dampak positif dari pelatihan ini terhadap perekonomian lokal.
Article Details
Copyright (c) 2025 Ola Meilviana, M Ilham Abdullah , Dwi Ismawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
-
Abdullah. Fattah. (2021). Analisis Indikator Pendidikan: Partisipasi Pendidikan di Indonesia Periode 1994-2018. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran.
Abd.ullah Ilha.m. 20.04. Disertasi: Pengembangan Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Annisa Trianti. (2022). Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Discovery Inquiry. DOI: 10.25299/althariqah.2022.vol7(2).6219 P-ISSN 2527-9610 E-ISSN 2549-8770
Anwar, Y., Amelia, R., & Ningrum, R. V. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Melestarikan Hutan Mangrove di Cagar Alam Teluk Adang. Jurnal AGRIFOR, Volume 22, No. 1, Maret 2023.
Bahri, M. (2019). Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: Pustaka Baru.
Dani, R., Matius, P., Sutedjo, H., & Meilani, R. C. (2018). Pemanfaatan JenisJenis Mangrove Sebagai Produk Makanan Olahan di Muara Badak Ulu Kutai Kartanegara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Mulawarman, Volume 1, No. 1, Agustus 2022.
Rahmat, A. (2018). Manajemen Pemberdayaan Pada Pendidikan Nonformal. Gorontalo: Ideas Publising.
Siska Novra. (2019). Teknik Self Management dalam Pengelolan Strategi Waktu Kehidupan Pribadi Yang Efektif. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 3, No. 2, November 2019 | hal: 123-138 (p) ISSN: 2580-3638; (e).
Sudjana, D. (2017). Pendidikan Nonformal (Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas). Jakarta: Penerbit CV ALFABETA.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tomlinson, P.B. (2017). The Botany of Mangroves. Cambridge University Press.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sisdiknas.
References
Abd.ullah Ilha.m. 20.04. Disertasi: Pengembangan Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Annisa Trianti. (2022). Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Discovery Inquiry. DOI: 10.25299/althariqah.2022.vol7(2).6219 P-ISSN 2527-9610 E-ISSN 2549-8770
Anwar, Y., Amelia, R., & Ningrum, R. V. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Melestarikan Hutan Mangrove di Cagar Alam Teluk Adang. Jurnal AGRIFOR, Volume 22, No. 1, Maret 2023.
Bahri, M. (2019). Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: Pustaka Baru.
Dani, R., Matius, P., Sutedjo, H., & Meilani, R. C. (2018). Pemanfaatan JenisJenis Mangrove Sebagai Produk Makanan Olahan di Muara Badak Ulu Kutai Kartanegara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Mulawarman, Volume 1, No. 1, Agustus 2022.
Rahmat, A. (2018). Manajemen Pemberdayaan Pada Pendidikan Nonformal. Gorontalo: Ideas Publising.
Siska Novra. (2019). Teknik Self Management dalam Pengelolan Strategi Waktu Kehidupan Pribadi Yang Efektif. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 3, No. 2, November 2019 | hal: 123-138 (p) ISSN: 2580-3638; (e).
Sudjana, D. (2017). Pendidikan Nonformal (Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas). Jakarta: Penerbit CV ALFABETA.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tomlinson, P.B. (2017). The Botany of Mangroves. Cambridge University Press.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sisdiknas.