Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelatihan Pengolahan Keripik Daun Mangrove di Kelurahan Jenggalu Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik.. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan ini meningkatkan keterampilan peserta dalam memproduksi keripik daun mangrove berkualitas yang berpotensi meningkatkan pendapatan melalui penjualan produk kepada wisatawan. pengolahan Keripik Daun Mangrove telah berhasil mencapai tujuan utamanya dalam meningkatkan keterampilan peserta, menjaga konsistensi kualitas produk, serta meningkatkan pendapatan masyarakat. Pendekatan yang komprehensif melalui metode ceramah dan praktik, penggunaan media pembelajaran yang efektif, serta penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, semuanya berkontribusi pada keberhasilan program ini. Selain itu, pengelolaan waktu yang baik dan dukungan dalam pemasaran produk juga memainkan peran penting dalam memastikan keberlanjutan dan dampak positif dari pelatihan ini terhadap perekonomian lokal.

Article Details

How to Cite
Ola Meilviana, Abdullah , M. I., & Ismawati, D. (2025). PENGOLAHAN KERIPIK DAUN MANGROVE DI TEMPAT WISATA KOTA BENGKULU. Journal Of Lifelong Learning, 8(1), 50–56. https://doi.org/10.33369/joll.8.1.50-56

References

    Abdullah. Fattah. (2021). Analisis Indikator Pendidikan: Partisipasi Pendidikan di Indonesia Periode 1994-2018. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran.
    Abd.ullah Ilha.m. 20.04. Disertasi: Pengembangan Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
    Annisa Trianti. (2022). Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Discovery Inquiry. DOI: 10.25299/althariqah.2022.vol7(2).6219 P-ISSN 2527-9610 E-ISSN 2549-8770
    Anwar, Y., Amelia, R., & Ningrum, R. V. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Melestarikan Hutan Mangrove di Cagar Alam Teluk Adang. Jurnal AGRIFOR, Volume 22, No. 1, Maret 2023.
    Bahri, M. (2019). Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: Pustaka Baru.
    Dani, R., Matius, P., Sutedjo, H., & Meilani, R. C. (2018). Pemanfaatan JenisJenis Mangrove Sebagai Produk Makanan Olahan di Muara Badak Ulu Kutai Kartanegara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Mulawarman, Volume 1, No. 1, Agustus 2022.
    Rahmat, A. (2018). Manajemen Pemberdayaan Pada Pendidikan Nonformal. Gorontalo: Ideas Publising.
    Siska Novra. (2019). Teknik Self Management dalam Pengelolan Strategi Waktu Kehidupan Pribadi Yang Efektif. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 3, No. 2, November 2019 | hal: 123-138 (p) ISSN: 2580-3638; (e).
    Sudjana, D. (2017). Pendidikan Nonformal (Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas). Jakarta: Penerbit CV ALFABETA.
    Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
    Tomlinson, P.B. (2017). The Botany of Mangroves. Cambridge University Press.
    Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sisdiknas.