Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bimbingan sosial sebagai suatu pr0ses pembelajaran bagi anak-anak putus sekolah pada pelayanan sosial anak remaja (PSAR) di Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah sepuluh anak-anak putus sekolah yang sedang mengikuti program bimbingan sosial di UPT. Pelayanan Sosial Anak Remaja Tanjung Morawa Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan sosial memiliki peran penting dalam membantu anak-anak putus sekolah untuk meningkatkan motivasi dan kesadaran akan pentingnya pendidikan. Proses pembelajaran bimbingan sosial dilaksanakan dari tahap pendekatan, seleksi atau perekrutan, assesmen, merencanakan materi yang diberikan, pelaksanaan pembelajaran atau pemberian program bimbingan sosial, lalu tahap evaluasi, dan tahap bimbingan lanjutan. Materi bimbingan sosial yang diberikan kepada anak remaja bersifat teori, games, dan contoh-contoh aplikasian kegiatan yang menarik. Perubahan perilaku warga binaan dari yang disimpulkan saat sebelum, maupun sesudah mereka lebih dapat mengembangkan potensi dan memanajemennya pula.
Article Details
Copyright (c) 2025 Siti Ativa Putridiani1

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
-
Abu & Purwanto. (2006). Dinamika Kelompok, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
B. Uno, Hamzah. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya, Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. (2024). Persentase Penduduk Miskin Menurut Kab/Kota (Persen), 2021-2023. [Online] Tersedia: https://sumut.bps.go.id/id/statistics-table/2/NzMjMg==/persentase-penduduk-miskin-menurut-kab-kota.html [Diakses pada tanggal 5 Februari 2024]
Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. (2024). Tingkat Penyelesaian Pendidikan Menurut Jenjang Pendidikan dan Provinsi, 2021-2023. [Online] Tersedia: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk4MCMy/tingkat-penyelesaian-pendidikan-menurut-jenjang-pendidikan-dan-provinsi.html [Diakses pada tanggal 5 Februari 2024]
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2024). 7.600 Siswa Putus Sekolah di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang Tingkat SD/SMP. [Online] Tersedia: https://www.kpai.go.id/publikasi/7-600-siswa-putus-sekolah-di-kota-medan-dan-kabupaten-deli-sedang-tingkat-sd-smp [Diakses pada tanggal 5 Februari 2024]
Prayitno, A. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sabri, Ahmad. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching.
Sudrajat, A. (2013). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). MetodePenelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Winkel, W. S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
References
B. Uno, Hamzah. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya, Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. (2024). Persentase Penduduk Miskin Menurut Kab/Kota (Persen), 2021-2023. [Online] Tersedia: https://sumut.bps.go.id/id/statistics-table/2/NzMjMg==/persentase-penduduk-miskin-menurut-kab-kota.html [Diakses pada tanggal 5 Februari 2024]
Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. (2024). Tingkat Penyelesaian Pendidikan Menurut Jenjang Pendidikan dan Provinsi, 2021-2023. [Online] Tersedia: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk4MCMy/tingkat-penyelesaian-pendidikan-menurut-jenjang-pendidikan-dan-provinsi.html [Diakses pada tanggal 5 Februari 2024]
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2024). 7.600 Siswa Putus Sekolah di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang Tingkat SD/SMP. [Online] Tersedia: https://www.kpai.go.id/publikasi/7-600-siswa-putus-sekolah-di-kota-medan-dan-kabupaten-deli-sedang-tingkat-sd-smp [Diakses pada tanggal 5 Februari 2024]
Prayitno, A. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sabri, Ahmad. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching.
Sudrajat, A. (2013). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). MetodePenelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Winkel, W. S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.