Main Article Content

Abstract

Bagi anak-anak yang tinggal di panti asuhan, peran pembina menjadi faktor utama dalam pengembangan kecerdasan spiritual mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi pembina Panti Asuhan Al Kabiiru Kota Makassar dalam meningkatkan kecerdasan spiritual remaja melalui berbagai metode pembinaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memahami strategi pembinaan yang diterapkan serta dampaknya terhadap perkembangan spiritual remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembina panti menerapkan empat metode utama dalam meningkatkan kecerdasan spiritual, yaitu melalui pendidikan agama tambahan, pembiasaan pola hidup Islami, pembentukan akhlak mulia, serta pemberian kasih sayang. Meskipun program pembinaan berjalan dengan baik, terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, faktor alamiah, serta tantangan dalam perilaku remaja. Namun, dengan pendekatan yang sabar, strategi yang tepat, dan lingkungan yang mendukung, pembina panti tetap berupaya membimbing anak asuh menuju perkembangan spiritual yang lebih baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai peran pembina panti dalam membentuk generasi muda yang memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi serta nilai-nilai moral yang kuat.

Article Details

How to Cite
Rosika Indri Karadona, & Arni Puspita Sari. (2025). KONTRIBUSI PEMBINA PANTI DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL REMAJA DI PANTI ASUHAN AL KABIIRU KOTA MAKASSAR. Journal Of Lifelong Learning, 8(1), 57–69. https://doi.org/10.33369/joll.8.1.57-69

References

    Abidin, A. M. (2019). Peran pengasuh panti asuhan membentuk karakter disiplin dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak. An-nisa, 11(1), 354-363.
    Alwi, M. H., Nurfaridah, K., Purba, S. A. B., Hati, S. P., & Nasution, F. (2022). Peran pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13067-13075.
    Annisa, N. J. (2023). KECERDASAN SPIRITUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS UNGGULAN BERASRAMA DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
    Bolisani, E., Bratianu, C., Bolisani, E., & Bratianu, C. (2018). The elusive definition of knowledge. Emergent knowledge strategies: Strategic thinking in knowledge management, 1-22.
    Jannah, M. (2024). Kesehatan Mental Remaja: dalam Kesepian, Disfungsi Keluarga, dan Persahabatan. Inspirasi Pustaka Media.
    Karadona, R. I., Fakhruddin, F., & Hudallah, N. (2022). Elementary School Program Management Bosowa Nature School, Makassar. Educational Management, 11(1), 46-53.
    Kurniawati, I. (2022). Pola Asuh Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Panti Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
    Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
    Muktiyanta, R. N. M., & Jinan, M. (2024). Peran Pengasuh Dalam Pembentukan Karakter Religius Anak Asuh Di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Ii Kadipiro (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
    MUNAWAROH, S. M. (2022). Upaya Pembimbing Panti Asuhan ‘Aisyiyah Dalam Meningkatkan Spiritual Quotient (Sq) Remaja Di Nganjuk Jawa Timur.
    Nawawi, M. L., Maulidin, S., & Nurkholik, A. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Organisasi Rohani Islam: Studi Di SMK Al Ihsan Sukanegara. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(2), 51-61.
    Novika, R., & Arif, M. (2024). Peran Pengurus Panti Menunjang Pendidikan Anak Di Panti Asuhan Griya Yatim Dan Dhuafa Bukittinggi. El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 62-73.
    Nurhayati, T. (2016). Perkembangan perilaku psikososial pada masa pubertas. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(1).
    RIASTI, N. (2024). Penerapan Teori Sosial Dalam Pembentukan Karakteranak Usia Dini. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 4(4), 635-642.
    Safaria, T. (2023). Spiritual Intelligence: Pengembangan Kecerdasan Spiritual pada Anak-Jejak Pustaka. Jejak Pustaka.
    Saputra, R., & Barikah, A. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 60-68.
    Tabarani, P. F. (2024). Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Melalui Pembinaan Usaha Sablon (Studi Kasus Pada Anak Asuh Di Panti Asuhan Al-Muslimun Timor Makassar) (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).
    Zahrudin, M., Ismail, S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi budaya religius dalam upaya meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 98-109.