Main Article Content
Abstract
Permasalahan akses pendidikan dan pembentukan karakter anak-anak marginal di Indonesia, khususnya yang tinggal di wilayah kolong jembatan dan permukiman kumuh perkotaan, masih menjadi tantangan yang cukup serius. Penelitian ini menganalisis manfaat gerakan literasi TBM Kolong Ciputat dalam pembentukan karakter anak marginal. Metode penelitian yang digunakan berupa deskriptif kualitatif untuk mengungkap manfaat kegiatan literasi TBM Kolong bagi anak dan masyarakat marginal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, anak-anak peserta didik di TBM Kolong telah memperoleh berbagai manfaat signifikan dari partisipasi mereka dalam program literasi berbasis inklusi sosial. Manfaat tersebut mencakup pengalaman belajar yang menyenangkan, peningkatan kreativitas, pengembangan keterampilan komunikasi dan sosial, serta peningkatan kesadaran akan isu-isu sosial, budaya, dan lingkungan.
Article Details
Copyright (c) 2025 Nadlira Nurazkia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
-
Efendi, R., & Wahyudi, K. E. (2024). Pemberdayaan Anak Marginal Melalui Peran Yayasan Arek Lintang Surabaya. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 6(1), 81-100.
Ladaria, Y. H., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Kajian sosiologi tentang tingkat kesadaran pendidikan pada masyarakat Desa Labuan Kapelak Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Holistik, 13(2), 1–15.
Lestari, N. S. (2024). Strategi Mentor dalam Kelas Merdeka Sebagai Ruang Pendidikan Alternatif Membangun Kemandirian Anak Marginal di Save Street Child Kota Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1701-1708.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Naibaho, F. R. (2023). The most fundamental education conflict in Indonesia: A systematic literature review. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 7(1), 100–113. https://doi.org/10.24071/ijiet.v7i1.4981.
Sinaga, R. A., Prayogo, T. H., Prayogo, K. R., & Simanjuntak, F. (2023). Strategi Penjangkauan dan Pemuridan kepada Kaum Marjinal di Kawasan Kumuh daerah Barata Jaya–Rumah Pompa Bratang, Surabaya. Abdi Jurnal Publikasi, 2(2), 45-51.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Prenada Media Group.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
References
Ladaria, Y. H., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Kajian sosiologi tentang tingkat kesadaran pendidikan pada masyarakat Desa Labuan Kapelak Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Holistik, 13(2), 1–15.
Lestari, N. S. (2024). Strategi Mentor dalam Kelas Merdeka Sebagai Ruang Pendidikan Alternatif Membangun Kemandirian Anak Marginal di Save Street Child Kota Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1701-1708.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Naibaho, F. R. (2023). The most fundamental education conflict in Indonesia: A systematic literature review. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 7(1), 100–113. https://doi.org/10.24071/ijiet.v7i1.4981.
Sinaga, R. A., Prayogo, T. H., Prayogo, K. R., & Simanjuntak, F. (2023). Strategi Penjangkauan dan Pemuridan kepada Kaum Marjinal di Kawasan Kumuh daerah Barata Jaya–Rumah Pompa Bratang, Surabaya. Abdi Jurnal Publikasi, 2(2), 45-51.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Prenada Media Group.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.