Main Article Content

Abstract

Permasalahan akses pendidikan dan pembentukan karakter anak-anak marginal di Indonesia, khususnya yang tinggal di wilayah kolong jembatan dan permukiman kumuh perkotaan, masih menjadi tantangan yang cukup serius. Penelitian ini menganalisis manfaat gerakan literasi TBM Kolong Ciputat dalam pembentukan karakter anak marginal. Metode penelitian yang digunakan berupa deskriptif kualitatif untuk mengungkap manfaat kegiatan literasi TBM Kolong bagi anak dan masyarakat marginal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, anak-anak peserta didik di TBM Kolong telah memperoleh berbagai manfaat signifikan dari partisipasi mereka dalam program literasi berbasis inklusi sosial. Manfaat tersebut mencakup pengalaman belajar yang menyenangkan, peningkatan kreativitas, pengembangan keterampilan komunikasi dan sosial, serta peningkatan kesadaran akan isu-isu sosial, budaya, dan lingkungan. 

Article Details

How to Cite
Nadlira Nurazkia, Ila Rosmilawati, & Dadan Darmawan. (2025). TBM KOLONG DAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK : PERAN LITERASI DALAM PENGEMBANGAN NILAI SOSIAL. Journal Of Lifelong Learning, 8(1), 34–41. https://doi.org/10.33369/joll.8.1.34-41

References

    Efendi, R., & Wahyudi, K. E. (2024). Pemberdayaan Anak Marginal Melalui Peran Yayasan Arek Lintang Surabaya. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 6(1), 81-100.

    Ladaria, Y. H., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Kajian sosiologi tentang tingkat kesadaran pendidikan pada masyarakat Desa Labuan Kapelak Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Holistik, 13(2), 1–15.

    Lestari, N. S. (2024). Strategi Mentor dalam Kelas Merdeka Sebagai Ruang Pendidikan Alternatif Membangun Kemandirian Anak Marginal di Save Street Child Kota Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1701-1708.

    Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

    Naibaho, F. R. (2023). The most fundamental education conflict in Indonesia: A systematic literature review. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 7(1), 100–113. https://doi.org/10.24071/ijiet.v7i1.4981.

    Sinaga, R. A., Prayogo, T. H., Prayogo, K. R., & Simanjuntak, F. (2023). Strategi Penjangkauan dan Pemuridan kepada Kaum Marjinal di Kawasan Kumuh daerah Barata Jaya–Rumah Pompa Bratang, Surabaya. Abdi Jurnal Publikasi, 2(2), 45-51.

    Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Prenada Media Group.

    Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.