Main Article Content
Abstract
Rendahnya budaya literasi di Indonesia menjadi tantangan yang harus dihadapi sejak pendidikan anak usia dini. PAUD sebagai lembaga pendidikan nonformal memiliki peran penting dalam menumbuhkan minat baca dan keterampilan literasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program gerakan literasi di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Songgo Langit Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Kegiatan pembiasaan seperti membaca bersama, mendongeng, dan permainan kata. Hal itu dilakukan secara rutin untuk menumbuhkan minat baca, serta pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif yang didampingi oleh tutor, sehingga pembelajaran ini dapat membuat anak semangat dalam belajar. Faktor pendukung keberhasilan program ini adalah keberadaan TBM, dukungan aktif orang tua, dan kreativitas guru. Adapun kendala yang dihadapi berupa keterbatasan sarana dan bahan bacaan. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada implementasi literasi berbasis TBM dalam konteks pendidikan anak usia dini yang berhasil menciptakan belajar yang menyenangkan dan inklusif. Temuan ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara lembaga, pendidikan, dan masyarakat dalam membangun budaya literasi sejak dini.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Jihan Muthiah Dlofiroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
-
Ibrahim, G. A. (2017). PISA dan daya baca bangsa.
Mulyo, T. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 di sekolah dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk menyiapkan generasi unggul dan berbudi pekerti. Dalam Prosiding Seminar Nasional (hlm. 18–26).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Pradana, B. H. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah sebagai upaya membentuk habitus literasi siswa di SMA Negeri 4 Magelang [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. Institutional Repository UNY.
Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–
160.
Suyono, T. H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–
123.
References
Mulyo, T. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 di sekolah dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk menyiapkan generasi unggul dan berbudi pekerti. Dalam Prosiding Seminar Nasional (hlm. 18–26).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Pradana, B. H. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah sebagai upaya membentuk habitus literasi siswa di SMA Negeri 4 Magelang [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. Institutional Repository UNY.
Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–
160.
Suyono, T. H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–
123.