Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memicu hambatan dalam implementasi Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) pada bidang pastry dan Bakery di PKBM Mutiara Bintang Kota Bengkulu. Program ini bertujuan untuk membekali peserta Paket C dengan keterampilan wirausaha untuk meningkatkan kemandirian ekonomi. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kendala utama meliputi rendahnya kehadiran peserta, perbedaan kemampuan dasar, minimnya respon terhadap evaluasi lanjutan, serta tantangan dalam pendampingan usaha. Penanganan tantangan ini memerlukan strategi seleksi peserta yang lebih ketat, peningkatan motivasi, dan penguatan sistem pendampingan pasca program.
Kata kunci: Evaluasi, Hambatan Implementasi, Program PKW, Pendidikan Nonformal.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kendala dalam pelaksanaan Program Pendidikan Keterampilan Kewirausahaan (PKW) sektor pastry dan bakery di PKBM Mutiara Bintang Kota Bengkulu. Program ini bertujuan untuk membekali peserta Paket C dengan keterampilan berwirausaha guna meningkatkan kemandirian ekonomi. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan kendala utama meliputi kehadiran peserta yang rendah, perbedaan kemampuan dasar, minimnya respon terhadap evaluasi lanjutan, dan tantangan dalam pendampingan usaha. Penanganan kendala tersebut memerlukan strategi seleksi peserta yang lebih ketat, peningkatan motivasi, dan penguatan sistem pendampingan pasca program.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Juniar Mandela

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
-
DAFTAR PUSTAKA
Dewi, R. S., & Meilya, I. R. (2023). IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA (PKW) PELATIHAN" TUBAR CLING & HERBAL" DI PKBM TUNAS BARU KARAWANG. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 10(02), 148-156.
Febrian, W. D., Ardista, R., Kutoyo, M. S., Suryana, Y., Febrina, W., Kusnadi, K., ... & Irwanto, I. (2022). Manajemen sumber daya manusia.
Fikri, M. A. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Kewirausahaan di Sekolah Insan Al Madani Bogor. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 233-240.
Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R &. D. Bandung
Sujadna, 2016.Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Tasrim, T., & Elihami, E. 2020. “Motivasi Kerja Pendidik dalam Meningkatkan Manajemen Lembaga Pendidikan Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1): 48-53.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Pasal 26 Ayat 3. Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Sisdiknas
Zain, M. I., Mujahidin, E., & Andriana, N. (2023). Metode Perencanaan Pendidikan Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(1), 347-360.
References
Dewi, R. S., & Meilya, I. R. (2023). IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA (PKW) PELATIHAN" TUBAR CLING & HERBAL" DI PKBM TUNAS BARU KARAWANG. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 10(02), 148-156.
Febrian, W. D., Ardista, R., Kutoyo, M. S., Suryana, Y., Febrina, W., Kusnadi, K., ... & Irwanto, I. (2022). Manajemen sumber daya manusia.
Fikri, M. A. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Kewirausahaan di Sekolah Insan Al Madani Bogor. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 233-240.
Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R &. D. Bandung
Sujadna, 2016.Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Tasrim, T., & Elihami, E. 2020. “Motivasi Kerja Pendidik dalam Meningkatkan Manajemen Lembaga Pendidikan Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1): 48-53.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Pasal 26 Ayat 3. Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Sisdiknas
Zain, M. I., Mujahidin, E., & Andriana, N. (2023). Metode Perencanaan Pendidikan Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(1), 347-360.