Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam mempersiapkan akreditasi lembaga di PAUD Sakura 17 Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap kepala sekolah dan pendidik sebagai sumber data utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan lima kompetensi utama, yaitu manajerial, supervisi, kepribadian, kewirausahaan, dan sosial, secara konsisten dan efektif dalam mempersiapkan akreditasi. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti rendahnya kesadaran tentang akreditasi, keterbatasan kualifikasi guru, pengelolaan administrasi yang belum optimal, keterbatasan fasilitas, dan persepsi negatif terhadap akreditasi. Penelitian ini menegaskan bahwa peran kepala sekolah sangat menentukan keberhasilan proses akreditasi dan peningkatan mutu lembaga PAUD Sakura 17 Karawang. Sebagai rekomendasi, lembaga perlu meningkatkan pemahaman dan pengelolaan administrasi, kepala sekolah disarankan untuk terus mengembangkan kompetensi dan motivasi tim, serta pendidik diharapkan aktif meningkatkan profesionalisme melalui pelatihan dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Lina Nurhasanah, Dayat Hidayat, Safuri Musa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. syakir Media Press.
- Anggraini, E. S., & Batubara, L. F. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini.
- Asiah, N. S. (2018). Analisis Manajemen Paud Berbasis Standar Akreditasi Paud Dan Pnf Di Kutai Kartanegara. Syamil.
- parman. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Yogyakarta: CV Ananta Vidya.
- Sampling Acak Akreditasi 16.871 Satuan PAUD Diapresiasi BAN, Masih 41% Satuan Pendidikan Belum Terakreditasi. (2023, april 13). Dipetik januari 07, 2025, dari paudpedia.kemdikbud: https://paudpedia.kemdikbud.go.id/berita/sampling-acak-akreditasi-16871-satuan-paud-diapresiasi-ban-masih-41-satuan-pendidikan-belum-terakreditasi?do=MTU0NS1jN2UzMWRiNQ==&ix=MTEtYmJkNjQ3YzA=
- Silalahi, S., Hardiansyah, R., Siregar, W. W., & Hardiansyah, S. (2021). Tujuan Fungsi dan Asas Pendidikan Luar Sekolah dalam Sistem Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, I, 71-74.
- Susilo, S. (2016). Pedoman Akreditasi Paud. Jakarta: Bee Media Pustaka.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. syakir Media Press.
Anggraini, E. S., & Batubara, L. F. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini.
Asiah, N. S. (2018). Analisis Manajemen Paud Berbasis Standar Akreditasi Paud Dan Pnf Di Kutai Kartanegara. Syamil.
parman. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Yogyakarta: CV Ananta Vidya.
Sampling Acak Akreditasi 16.871 Satuan PAUD Diapresiasi BAN, Masih 41% Satuan Pendidikan Belum Terakreditasi. (2023, april 13). Dipetik januari 07, 2025, dari paudpedia.kemdikbud: https://paudpedia.kemdikbud.go.id/berita/sampling-acak-akreditasi-16871-satuan-paud-diapresiasi-ban-masih-41-satuan-pendidikan-belum-terakreditasi?do=MTU0NS1jN2UzMWRiNQ==&ix=MTEtYmJkNjQ3YzA=
Silalahi, S., Hardiansyah, R., Siregar, W. W., & Hardiansyah, S. (2021). Tujuan Fungsi dan Asas Pendidikan Luar Sekolah dalam Sistem Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, I, 71-74.
Susilo, S. (2016). Pedoman Akreditasi Paud. Jakarta: Bee Media Pustaka.