Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam mempersiapkan akreditasi lembaga di PAUD Sakura 17 Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap kepala sekolah dan pendidik sebagai sumber data utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan lima kompetensi utama, yaitu manajerial, supervisi, kepribadian, kewirausahaan, dan sosial, secara konsisten dan efektif dalam mempersiapkan akreditasi. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti rendahnya kesadaran tentang akreditasi, keterbatasan kualifikasi guru, pengelolaan administrasi yang belum optimal, keterbatasan fasilitas, dan persepsi negatif terhadap akreditasi. Penelitian ini menegaskan bahwa peran kepala sekolah sangat menentukan keberhasilan proses akreditasi dan peningkatan mutu lembaga PAUD Sakura 17 Karawang. Sebagai rekomendasi, lembaga perlu meningkatkan pemahaman dan pengelolaan administrasi, kepala sekolah disarankan untuk terus mengembangkan kompetensi dan motivasi tim, serta pendidik diharapkan aktif meningkatkan profesionalisme melalui pelatihan dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini.

Keywords

kepala sekolah Akreditasi PAUD Mutu Pendidikan

Article Details

How to Cite
Nurhasanah, L., Hidayat, D., & Musa, S. (2025). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMPERSIAPKAN AKREDITASI LEMBAGA DI PAUD SAKURA 17 KARAWANG. Journal Of Lifelong Learning, 8(2), 169–178. https://doi.org/10.33369/joll.8.2.169-178

References

  1. Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. syakir Media Press.
  2. Anggraini, E. S., & Batubara, L. F. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini.
  3. Asiah, N. S. (2018). Analisis Manajemen Paud Berbasis Standar Akreditasi Paud Dan Pnf Di Kutai Kartanegara. Syamil.
  4. parman. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Yogyakarta: CV Ananta Vidya.
  5. Sampling Acak Akreditasi 16.871 Satuan PAUD Diapresiasi BAN, Masih 41% Satuan Pendidikan Belum Terakreditasi. (2023, april 13). Dipetik januari 07, 2025, dari paudpedia.kemdikbud: https://paudpedia.kemdikbud.go.id/berita/sampling-acak-akreditasi-16871-satuan-paud-diapresiasi-ban-masih-41-satuan-pendidikan-belum-terakreditasi?do=MTU0NS1jN2UzMWRiNQ==&ix=MTEtYmJkNjQ3YzA=
  6. Silalahi, S., Hardiansyah, R., Siregar, W. W., & Hardiansyah, S. (2021). Tujuan Fungsi dan Asas Pendidikan Luar Sekolah dalam Sistem Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, I, 71-74.
  7. Susilo, S. (2016). Pedoman Akreditasi Paud. Jakarta: Bee Media Pustaka.