Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan metode bercerita dengan media boneka tangan dalam mengembangkan kecerdasan berbahasa pada anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Melati IV Karawang, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat, serta hasil penerapan metode bercerita dengan media boneka tangan dalam mengembangkan kecerdasan berbahasa pada anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Melati IV Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa kata-kata dan gambar. Sumber data terdiri dari 1 pengelola PAUD, 1 pendidik, 3 orang tua murid, 3 anak sebagai subjek penelitian. Data penelitian melalui teknik mengamati/observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data disajikan dan ditarik kesimpulan. Indikator yang dipilih dalam penelitian adalah peningkatan kosakata, keterampilan bercerita, kemampuan berbicara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan penerapan metode bercerita dengan media boneka tangan, pengenalan cerita dan boneka tangan, pelaksanaan bercerita/bermain peran, diskusi dan tanya jawab, aktivitas berbahasa/aktivitas lanjutan, evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis kecerdasan berbahasa anak adalah 6 anak Berkembang Sesuai Hasil (BSH), 6 anak Berkembang Sangat Baik (BSB), 3 anak Mulai Berkembang (MB).

Keywords

Storytelling Method anak usia dini Metode Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Lala Puji Rahayu, lalapujirahayu, Hidayat, D., & Musa, S. (2025). PENERAPAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN BERBAHASA AUD 4-5 TAHUN DI PAUD MELATI IV KARAWANG. Journal Of Lifelong Learning, 8(2), 162–168. https://doi.org/10.33369/joll.8.2.162-168

References

  1. Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14 . .
  2. Fadlillah, M. (2016). Desain Pembelajaran PAUD. In A.-R. MEDIA.
  3. Haryono, E. (2023). Kemampuan berbicara Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita Wayang Karton. an-nuur: The Journal of Islamic Studies.
  4. Hasan, M. H. (2021). Media pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
  5. Kezia Vb Lajuan, O. T. (2019). Kecerdasan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Prespektif. PREPRINTS, 1.
  6. Robingatin, Z. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  7. Suradinata, N. I. (2020). Pengaruh bercerita berbantuan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak. . Journal of Education Research, 28.