Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan metode bercerita dengan media boneka tangan dalam mengembangkan kecerdasan berbahasa pada anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Melati IV Karawang, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat, serta hasil penerapan metode bercerita dengan media boneka tangan dalam mengembangkan kecerdasan berbahasa pada anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Melati IV Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa kata-kata dan gambar. Sumber data terdiri dari 1 pengelola PAUD, 1 pendidik, 3 orang tua murid, 3 anak sebagai subjek penelitian. Data penelitian melalui teknik mengamati/observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data disajikan dan ditarik kesimpulan. Indikator yang dipilih dalam penelitian adalah peningkatan kosakata, keterampilan bercerita, kemampuan berbicara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan penerapan metode bercerita dengan media boneka tangan, pengenalan cerita dan boneka tangan, pelaksanaan bercerita/bermain peran, diskusi dan tanya jawab, aktivitas berbahasa/aktivitas lanjutan, evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis kecerdasan berbahasa anak adalah 6 anak Berkembang Sesuai Hasil (BSH), 6 anak Berkembang Sangat Baik (BSB), 3 anak Mulai Berkembang (MB).
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 lalapujirahayu Lala Puji Rahayu, Dayat Hidayat, Safuri Musa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14 . .
- Fadlillah, M. (2016). Desain Pembelajaran PAUD. In A.-R. MEDIA.
- Haryono, E. (2023). Kemampuan berbicara Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita Wayang Karton. an-nuur: The Journal of Islamic Studies.
- Hasan, M. H. (2021). Media pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
- Kezia Vb Lajuan, O. T. (2019). Kecerdasan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Prespektif. PREPRINTS, 1.
- Robingatin, Z. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Suradinata, N. I. (2020). Pengaruh bercerita berbantuan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak. . Journal of Education Research, 28.
References
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14 . .
Fadlillah, M. (2016). Desain Pembelajaran PAUD. In A.-R. MEDIA.
Haryono, E. (2023). Kemampuan berbicara Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita Wayang Karton. an-nuur: The Journal of Islamic Studies.
Hasan, M. H. (2021). Media pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Kezia Vb Lajuan, O. T. (2019). Kecerdasan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Prespektif. PREPRINTS, 1.
Robingatin, Z. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suradinata, N. I. (2020). Pengaruh bercerita berbantuan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak. . Journal of Education Research, 28.