Main Article Content
Abstract
Peningkatan keterampilan kerja untuk masyarakat adalah salah satu focus utama dalam upaya pemberdayaan, khususnya bagi individu yang tidak terserap pendidikan formal. Dinas Sosial Kabupaten Karawang menyelenggarakan Program Pelatihan Penggunaan Alat Steam sebagai solusi alternative dan keterampilan praktis untuk membuka peluang usaha mandiri bagi warga khususnya anak jalanan dalam sasaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perlaksanaan program tersebut secara komprehensif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Proces, Product) secara menyeluruh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah evaluative kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup pengelola lembaga, instruktur, dan alumni peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari aspek konteks, program ini tepat sasaran karena lahir dari kebutuhan nyata masyarakat terhadap keterampilan teknis; (2) dari aspek input, program memiliki struktur perencanaan yang cukup baik, namun masih memerlukan peningkatan dalam hal fasilitas dan peralatan praktik (3) dari aspek proses, pelaksanaan berjalan cukup efektif meskipun dihadapkan pada tantangan dalam media dan metode pembelajaran; dan (4) dari aspek produk, program berhasil meningkatkan keterampilan peserta dan mendorong mereka secara mandiri membuka jasa steam dilingkungan nya masing-masing. Kesimpulannya, program pelatihan penggunaan Alat Steam ini memberikan kontribusi positif terhadap pemberdayaan masyarakat, meskipun masih diperlukan perbaikan pada aspek input dan proses untuk mencapai hasil yang lebih optimal.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Heikal Fahrezi Paurino, Ika Rizqi Meilya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Mardikanto, T., & Poerwoko, S. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung.
- Wilona, D. F., Darmawan, D., & Ganiadi, M. (2024). Manajemen Pelatihan Sablon Digital di PKBM Maju Bersama Pandeglang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 679-684.
- Della, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xi Di Man 1 Pesisir Barat, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
- Apriani, D., & Ansori, A. (2018). UPAYA PENGELOLA LKP SRIKANDI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PESERTA TATABUSANA MELALUI PENDEKATAN ANDRAGOGI. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 7-15.
- Zakiyawati, S. W., & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar pada jenjang sekolah menengah kejuruan. Universitas, 5, 73.
- Antika, F. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATIC) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
- Rahayu, K. (2018). Hubungan motivasi berprestasi dan pengalaman kerja industri peserta didik terhadap efektivitas pembelajaran produktif (Studi pada SMK Negeri di Kota Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 123–135.
- Romadhoni, L. A., & Dhavi, M. M. (2025). PENERAPAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI SDIT BAIT ADZKIA ISLAMIC SCHOOL CIPUTAT. caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 300-310.
- Putra, H. Y., & Yuliana, L. (2021). Pemberdayaan Berbasis Keterampilan: Kontribusi Pelatihan terhadap Kemandirian Sosial dan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 7(2), 133–145.
- Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2015). Economic Development (12th ed.). Boston: Pearson Education.
References
Mardikanto, T., & Poerwoko, S. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung.
Wilona, D. F., Darmawan, D., & Ganiadi, M. (2024). Manajemen Pelatihan Sablon Digital di PKBM Maju Bersama Pandeglang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 679-684.
Della, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xi Di Man 1 Pesisir Barat, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Apriani, D., & Ansori, A. (2018). UPAYA PENGELOLA LKP SRIKANDI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PESERTA TATABUSANA MELALUI PENDEKATAN ANDRAGOGI. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 7-15.
Zakiyawati, S. W., & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar pada jenjang sekolah menengah kejuruan. Universitas, 5, 73.
Antika, F. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATIC) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Rahayu, K. (2018). Hubungan motivasi berprestasi dan pengalaman kerja industri peserta didik terhadap efektivitas pembelajaran produktif (Studi pada SMK Negeri di Kota Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 123–135.
Romadhoni, L. A., & Dhavi, M. M. (2025). PENERAPAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI SDIT BAIT ADZKIA ISLAMIC SCHOOL CIPUTAT. caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 300-310.
Putra, H. Y., & Yuliana, L. (2021). Pemberdayaan Berbasis Keterampilan: Kontribusi Pelatihan terhadap Kemandirian Sosial dan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 7(2), 133–145.
Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2015). Economic Development (12th ed.). Boston: Pearson Education.