Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku digital orang tua terhadap pola parenting pada anak usia remaja. Pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif-inferensial digunakan, dengan pengumpulan data melalui angket berskala Likert kepada 400 responden di Kabupaten Karawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku digital orang tua bervariasi, dengan smartphone sebagai perangkat utama dan internet sebagai sumber informasi serta pembelajaran, sementara media sosial menjadi saluran utama akses informasi; (2) pola parenting yang diterapkan sangat positif dan mendukung perkembangan anak; dan (3) terdapat pengaruh signifikan antara perilaku digital dengan pola parenting. Penelitian ini memberikan temuan baru mengenai keterkaitan perilaku digital orang tua dengan pola pengasuhan di era modern. Hasil ini menekankan pentingnya program yang memperkuat literasi digital dan keterampilan adaptif orang tua agar pemanfaatan teknologi mendukung pengasuhan positif, bukan menggantikan peran penting orang tua dalam perkembangan remaja.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Afra Shafa Ramadlani, Irawan Syarifuddin Daher, Pujiarto, Devi Merina Tuz Sa'diyah, Lia Eka Septi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Brna, A. P., Brown, R. C., Connolly, P. M., Simons, S. B., Shimizu, R. E., & Aguilar-Simon, M. (2019). Uncertainty-based modulation for lifelong learning. Neural Networks, 120, 129–142.
- Brooks, J. B. (1981). The process of parenting
- Hidayatullah, M. F., & Rohmadi, M. (2010). Pendidikan karakter: membangun peradaban bangsa. Yuma Pustaka.
- Hoghughi, M. (2004). Parenting: an introduction. Handbook of Parenting: Theory and Research for Practice, 1–18.
- Kartono, K. (1995). Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan, Cet. V,(Bandung: Mandar Maju.
- Konok, V., Bunford, N., & Miklósi, Á. (2020). Associations between child mobile use and digital parenting style in Hungarian families. Journal of Children and Media, 14(1), 91–109.
- Longworth, N., & Davies, W. K. (1996). Lifelong Learning: New Vision, New Implications, New Roles for People, Organizations, Nations and Communities in the 21st Century. ERIC.
- NAJMI, M. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Orang Tua Tentang Digital Parenting Di Jorong Taratak Kenagarian Siguntur.
- Nurmala, S. U. (2020). Proses Kegiatan Rekrutment Di Yayasan Pengembangan Anak Indonesia (YPAI). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
- Oberst, U., Wegmann, E., Stodt, B., Brand, M., & Chamarro, A. (2017). Negative consequences from heavy social networking in adolescents: The mediating role of fear of missing out. Journal of Adolescence, 55, 51–60.
- Permana, R. S. M., Abdullah, A., & Mahameruaji, J. N. (2019). Budaya menonton televisi di Indonesia: dari terrestrial hingga digital. ProTVF, 3(1), 53–67.
- Pratiwi, M. R., Indrayani, H., & Amalia, S. (2020). Optimasi Pola Pengasuhan Digital dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 76–94.
- Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.
- Yunus, M., & Wedi, A. (2019). Konsep dan penerapan pendidikan sepanjang hayat dalam keluarga. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 5(1), 31–37.
References
Brna, A. P., Brown, R. C., Connolly, P. M., Simons, S. B., Shimizu, R. E., & Aguilar-Simon, M. (2019). Uncertainty-based modulation for lifelong learning. Neural Networks, 120, 129–142.
Brooks, J. B. (1981). The process of parenting
Hidayatullah, M. F., & Rohmadi, M. (2010). Pendidikan karakter: membangun peradaban bangsa. Yuma Pustaka.
Hoghughi, M. (2004). Parenting: an introduction. Handbook of Parenting: Theory and Research for Practice, 1–18.
Kartono, K. (1995). Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan, Cet. V,(Bandung: Mandar Maju.
Konok, V., Bunford, N., & Miklósi, Á. (2020). Associations between child mobile use and digital parenting style in Hungarian families. Journal of Children and Media, 14(1), 91–109.
Longworth, N., & Davies, W. K. (1996). Lifelong Learning: New Vision, New Implications, New Roles for People, Organizations, Nations and Communities in the 21st Century. ERIC.
NAJMI, M. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Orang Tua Tentang Digital Parenting Di Jorong Taratak Kenagarian Siguntur.
Nurmala, S. U. (2020). Proses Kegiatan Rekrutment Di Yayasan Pengembangan Anak Indonesia (YPAI). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Oberst, U., Wegmann, E., Stodt, B., Brand, M., & Chamarro, A. (2017). Negative consequences from heavy social networking in adolescents: The mediating role of fear of missing out. Journal of Adolescence, 55, 51–60.
Permana, R. S. M., Abdullah, A., & Mahameruaji, J. N. (2019). Budaya menonton televisi di Indonesia: dari terrestrial hingga digital. ProTVF, 3(1), 53–67.
Pratiwi, M. R., Indrayani, H., & Amalia, S. (2020). Optimasi Pola Pengasuhan Digital dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 76–94.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.
Yunus, M., & Wedi, A. (2019). Konsep dan penerapan pendidikan sepanjang hayat dalam keluarga. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 5(1), 31–37.