Penerapan Model Pembelajaran Quick on The Draw dengan Masalah Open-Ended terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Authors

  • Aan Putra Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Nelpita Ulandari Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Delsa Sepnila Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10632

Keywords:

Pembelajaran Quick on The Draw, Open-Ended, Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quick on The Draw dengan masalah Open-Ended terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kerinci sejumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas control. Pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data dengan melakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quick on The Draw dengan masalah Open-Ended berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

References

Alifiani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran NHT-TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Materi Matematika SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4 (1), 11-20.

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179-189.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458.

Fitriansyah. (2010). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Belawang melalui Strategi Pembelajaran Quick on the Draw. Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 16-21.

Ginnis, P. (2008). Trik & Taktik Mengajar. Jakarta: PT. Indeks.

Gunawan, R. G., & Putra, A. (2019). Pengaruh Strategi Belajar Aktif Sortir Kartu Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 362-370.

Hidayah, A., Mawarsari, V. D., & Prihaswati, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on The Draw dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII. JKPM, 3(1), 39-47.

Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh Open-Endedterhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95-105.

Putra, A., Syarifuddin, H., & Kusumaningrum, I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP. Prosiding SEMASTAT: Seminar Nasional Matematika dan Statistika, 532-540.

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56-62.

Risnawati. (2011). Pengaruh Model Problem Based Instruction dengan Pendekatan Open Ended terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 101-119.

Rosyana, T., & Sari, I. P. (2015). Penerapan Aktivitas Quick on The Draw Melalui Pendekatan Thiking Aloud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa MA. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 192-202.

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7-21.

Sullivan, P., Clarke, D., & Clarke, B. (2013). Teaching with Tasks for Effective Mathematics Learning, Mathematics Teacher Education 9. New York: Springer Science+Business Media.

Suryadinata, N. 2015. Penerapan Pembelajaran Quick on the Draw dengan Masalah Open Ended terhadap Kemampuan berpikir kreatif Matematis Siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 9-18.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237.

Widada, W., Herawaty, D., Ma’rifah, N., & Yunita, D. (2019). Characteristics of Students Thinking in Understanding Geometry in Learning Ethnomathematics. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(11), 3496–3503.

Yanti, Sumarni, & Adiastuty, N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Segiemat Melalui Pendekatan Open-Ended untuk Memingkatkan Kemampuan Berikir Kreatif. JES-MAT: Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 5(2), 145-159.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530

Published

2020-03-12

How to Cite

Putra, A., Ulandari, N., & Sepnila, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quick on The Draw dengan Masalah Open-Ended terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10632

Issue

Section

Articles