Modifikasi Software Lisrel Dengan Membuat Teknik Analisis Konstruksi Validitas Instrumen Tes
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10641Keywords:
Modifikasi Software Lisrel, Validitas, Reliabilitas dan Instrument Tes.Abstract
Salah satu kunci untuk mengukur keberhasilan Pembelajaran adalah Instrumen yang baik. Sebuah instrumen tes dikatakan baik atau berkualitas jika instrumen tersebut telah memenuhi kriteria validitas dan reliabel. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui modifikasi konstruksi algoritma dalam Perhitungan Validitas dan Reliabilitas Instrumen tes dengan Software LISREL. Penelitian ini merupakan suatu penelitian Pengembangan software. Instrumen penelitian ini adalah alat ukur berupa uji kecocokan, uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ini menunjukkan bahwa ada dua variabel yang diamati (yaitu X1, dan X2) untuk variabel laten (struktur kognitif) yang telah lulus uji validitas. Ini karena memenuhi persyaratan, yaitu nilai loading factor ? 0,50 dan t-value ? 1,96. Untuk reliabilitas, nilai keandalan konstruk (CR) adalah 0,86 ? 0,70, yang menunjukkan bahwa uji reliabilitas variabel kemampuan matematika menghasilkan nilai yang baik.
References
Azwar, Saifuddin. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Burns, R. B. 1993. Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku (terjemahan). Jakarta: Penerbit Arcan.
C. Ceccatelli, (2010). Lisrel model for a confermatory analysis: relationship between low self-worth level and victim of bullying. Teoria Economica, Viale Pindaro 4, Pescara 65127,Italy. Procedia Social and Behavioral Sciences 9 (2010) 1612–1616: Published by Elsevier Ltd. doi:10.1016/j.sbspro.2010.12.374
Iskandar. Teknik Analisis Validitas Konstruk dan Reliabilitas Instrument Tes dan Non Tes Dengan Software LISREL
Joreskog, K.G and Sorbom, D. (1996). Lisrel 8: User reference guide. Chicago: Scientific Sofware International.
Amri, S., & Widada, W. (2019a). The Effect of Self Concept , Self Efficacy and Self Esteem on the Ability to Understanding Mathematics. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(1), 201–206.
Amri, S., & Widada, W. (2019b). The Role of self-efficacy and mathematics ability in the problem solving mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 70–73.
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 120–135.
Ma’Rifah, N., & Widada, W. (2019). Pembelajaran TAI dengan Open Ended Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Curup. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7523
Nugroho, K. U. Z. (2017). PENGARUH PENERAPAN E-EVALUATION DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA SMA KOTA BENGKULU. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 151–154.
Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Pendahuluan Pengertian Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 101–106.
Suharto, S., & Widada, W. (2019a). The Cognitive Structure of Students in Understanding Mathematical Concepts. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 65–69.
Suharto, S., & Widada, W. (2019b). The Contribution of Mathematical Connection and Mathematical Communication to Problem Solving Ability. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(1), 155–159.
Suharto, S., & Widada, W. (2019c). The Students ’ Anxiet y in Facing the Mathematical National Exams. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 253(Aes 2018), 123–124.
Ole Boe, (2015). Using LISREL V to perform a covariance structure analysis of a tripartite model of attitude. Department of Military Leadership and Tactics,Norwegian Military Academy, Pb. 42, N-0517 Oslo, Norway. Social and Behavioral Sciences 182: published by Elsevier
Retnawati, H., (2015). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama.
Thalib, S. B. Program LISREL: Aplikasi Analisis Model Persamaan Struktural. PSIKOLOGIKA Nemer 15 Volume VIII Tahun 2003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .