Pengaruh Model Pembelajaran Everyday Mathematics dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10660Keywords:
Model pembelajran Everyday Mathematics, Gaya Kognitif, dan Kemampuan Komunikasi MatematikaAbstract
Artikel ini menjelaskan hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajaran everyday mathematics terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Seluma Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan quasi experimental. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Seluma pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan populasi seluruh kelas XI dan sampel kelas XI MIA1, XI MIA2, XI MIA3, dan XI IIS2. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji ancova. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran everyday mathematics dan konvensional setelah mengontrol kemampuan awal siswa dengan nilai p-value = 0,007<0,05, terdapat perbedaan komunikasi matematika antara siswa yang gaya kogniti Field Independent (FI), dan gaya kognitif Field Dependent (FD) setelah mengontrol kemampuan awal siswa dengan nilai p-value = 0,005<0,05, terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi matematika setelah mengontrol kemampuan awal siswa dengan nilai p-value = 0,009<0,05, terdapat pengaruh linier kovariat kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika dengan p-value = 0,00<0,05, kemampuan awal siswa, Model Pembelajaran everyday mathematics dan gaya kognitif secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika nilai p-value = 0,00<0,05.
References
Darmono. A. 2012. Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik Dalam Belajar. Artikel. Diakses PadaTanggal 2 Juli 2019.Dari :
File:///C:/Users/User/Downloads/39-114-1-Pb%20(4).Pdf
Hartati. S, & Abdullah. I. 2017. Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Of Mathematics Education Science And Technology. Vol.2.No1. Hal 43-72
Herawaty, D., Gusri, S. A., Saputra, R., Liana, E., & Aliza, F. (2019). The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012074), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012074
Heryan, U. 2018. Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 3 No 2, Desember 2018
Kasiram. M. 2008. Metodelogi Penelitian : Malang :UIN-Malang Press
Kiernan, M. V. dkk. 2015. Findings from a Multi-Year Scale-up Effectiveness Trial of Everyday Mathematics.SREE Spring 2015 Conference Abstract Template
Mas’ud Zein & Darto.2012.Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Daulat Riau
Murphy, Lauren. 1999. Advancing Children’s Mathematical Thinking in Everyday Mathematics Classrooms (Journal for Research in Mathematics Education). NCTM
Murtafiah. 2017. Deskrkipsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 48–52.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. The United State of America.
Nurhaidah. 2013. Profil Proses Berpikir Siswa SMP Tentang Relasi Dan Fungsi Berwawasan Everyday Mathematics Yang Ditinjau Dari Aspek Gaya Kognitif FDI Dan Jenis Kelamin Siswa (Pada Kelas VIII C SMPN 11 Kota Bengkulu). Tesis : UNIB
Sanjaya. N. M. W. S. 2018. Pengaruh Metode Problem Solving dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Analisis Siswa. Indonesian Journal Of Economics Education, 1 (1), 2018, 65-72
Sari. M. E. 2016. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Everyday Mathematics Terhadap Kemampuan BerpikirKreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Siswa SMP Negeri 2 Lubuk Linggau. Tesis : UNIB
Slamento. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta
Sumarmo. 2003. Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada Pelatihan Guru Matematika, Jurusan Matematika ITB Bandung.
Suwanto. 2019. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP N 14 Bengkulu. Tesis UNIB.
Widada, W. 2016a. Profile of Cognitive Stucture of Students in Understanding the Concept of Real Analysis. Journal of Mathematics Education, 5(2), 83–98. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i2.215
Widada, W. Dkk. 2017. The Students' Mathematical Communication Ability in Learning Ethomathematics-Oriented Realistic Mathematics. International Journal of Science and Research (IJSR). Volume 7 Issue 9, September 2018 www.ijsr.net
Widada, W. Dkk. 2018. The Scheme Characteristics for Students at the Level of Trans in Understanding Mathematics during Etnomathematics Learning. Advance in Social Science. Education and Humanities Research. Volume 253.
Widada, W., Sunardi, H., Herawaty, D., Pd, B. E., & Syefriani, D. (2018). Abstract Level Characteristics in SOLO Taxonomy during Ethnomathematics Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(8), 352–355. https://doi.org/10.21275/ART2019438
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .