Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Discovery Learning di SMP

Authors

  • Ozi Pernandes Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Adi Asmara Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10724

Keywords:

Literasi Matematis, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model Discovery Learning dan konvensional terhadap kemampuan literasi matematis siswa dan model mana yang memberikan hasil yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi penelitian merupakan siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Bengkulu Utara. Sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok model Discovery Learning dan kelompok Konvensional. Kedua kelompok tersebut diberikan Pre-Test untuk mengetahui kemampuan awal literasi matematis siswa. Setelah Pre-Test, kelompok Discovery Learning mendapatkan pembelajaran dengan  sintak pembelajaran Discovery Learning dan kelompok konvensional mendapatkan pembelajaran sesuai dengan sintak konvensional. Kedua kelas deberikan Post-Test untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan menggunakan Uji- T dengan bantuan software Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukan (1) Ada perbedaan kemampuan literasi matematis siswa dengan model Discovery Learning dan konvensional; (2) Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Discovery Learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

 

References

Cahyo, Agus. 2013. Model Pembelajaran Discovery Learning. Yogyakarta : DIVA Pres.

Fadhila, Destia Hasna. 2017. Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Menggunakan Model Discovery Learning . Universitas Pendidikan Indonesia.

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 120–135.

Herawaty, D., Gusri, S. A., Saputra, R., Liana, E., & Aliza, F. (2019). The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012074), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012074

Hosnan. 2014 Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Ghalia Indonesia, 287-288.

Johar. R . 2012. Domain Soal Pisa Untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang. Vol 1.(1), 1-10.

Jose, B. 2011. Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learm Into Everyday Use. Journal Of Mathematics Education 4(1), 89-100.

Jumri, R., & Murdiana. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Di Bumi Sekundang Setungguan ( Manna-Bengkulu Selatan ). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 86–92.

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

Kurniasih & Sani .2014 Strategi-Strategi Pembelajaran: Alfabeta Bandung, 66-67.

Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 164–176.

Melisa, Widada, W., & Zamzaili. (2019). Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Bengkulu untuk Meningkatkan Kognisi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 103–110.

OECD. 2019. Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 Results in Focus- What 15-year-olds know and what they can do with what they know. OECD Publishing.

.2019.PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/5107¢754-en.

Pusvita, Y., Herawati, & Widada, W. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu : Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “ Bay Tat .” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 185–193.

Sospolita, N., Aisyah, S., & Widada, W. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving dengan Teknik Probing pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 194–201.

Widada, W., Agustina, A., Serlis, S., Dinata, B. M., & Hasari, S. T. (2019). The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012082), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012082

Widada, W., Herawaty, D., Jumri, R., Zulfadli, Z., & Damara, B. E. P. (2019). The influence of the inquiry learning model and the Bengkulu ethnomathematics toward the ability of mathematical representation. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012085), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012085

Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012056), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056

Widada, W., Nugroho, K. U. Z., Sari, W. P., & Pambudi, G. A. (2019). The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012073), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012073

Yulfitri, & Nirwana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 76–85.

How to Cite

Pernandes, O., & Asmara, A. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Discovery Learning di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 140–147. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10724

Issue

Section

Articles