Pengaruh Model Pembelajaran Conncted Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10725Keywords:
Connected Mathematics Project (CMP), dan Kemampuan Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SMP N 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan quasi experimental. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan populasi seluruh kelas VIII dan Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas dengan jumlah 48 siswa, Kelas yang terpilih adalah VIII. G yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.H yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji ancova. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Connected Mathematics Project dan konvensional setelah mengontrol kemampuan awal siswa sebesar 66,80%. Ada pengaruh linier kovariat kemampuan awal pemahaman konsep terhadap kemampuan akhir pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran model CMP, sebesar 55,60%. Model pembelajaran CMP lebih baik dari pada yang diajar melalui pembelajaran konvensional dengan signifikan 0,0000 < 0,05.
References
Anisa. 2013. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi matematis Melalui Model Pembelajaran Connected Mathematics Project di Kelas VIII SMP N 3 Kota Bengkulu. Skripsi. Tidak dipublikasikan.
Herdiana , et.al. 2017. Hard Skills dan Soft Skills. Bandung : PT Refika Aditama
Herdian, 2010. Kemampuan Pemahaman Konsep. Diakses pada tanggal 1 Juni 2019 dari http://herdy10.wordpress.com/2019/06/1
Lappan, Glenda. 2002. Getting to Know Connected Mathematics: Michigan State University.
Sri Wardhani. 2007. Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi. Diklat Insturktur/Pengembang Matematika SMK Tanggal 7 s.d. 20 Juli 2004 di PPPG Matematika Yogyalarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.
Widada, W. 2004. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya. Unipa Press.
Widada, W. 2017. The Effects of the Extended Triad Model and Cognitive Style on the Abilities of Mathematical Representation and Proving of Theorem. Malang: International Conference on Mathematics, Science and Education, 29-30 Agustus 2017.
Widada, W. Dkk. 2017. The Students' Mathematical Communication Ability in Learning Ethomathematics-Oriented Realistic Mathematics. International Journal of Science and Research (IJSR). Volume 7 Issue 9, September 2018 www.ijsr.net
Widada, W., Agustina, A., Serlis, S., Dinata, B. M., & Hasari, S. T. (2019). The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012082), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012082
Widada, W., Herawaty, D., Jumri, R., Zulfadli, Z., & Damara, B. E. P. (2019). The influence of the inquiry learning model and the Bengkulu ethnomathematics toward the ability of mathematical representation. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012085), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012085
Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012056), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056
Widada, W., Nugroho, K. U. Z., Sari, W. P., & Pambudi, G. A. (2019). The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012073), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012073
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .