Analisis Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Think Pair Square

Authors

  • Rahmi Rahmi STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Okky Rayhana STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11407

Keywords:

Motivasi Belajar, Think Pair Square

Abstract

Motivasi belajar siswa di kelas XI Jasa Boga 2 masih rendah dan berakibat buruk terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran Think Pair Square. Penelitian pre eksperimental design dilaksanakan menggunakan rancangan pre-test dan posr-test group uji dan Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jasa Boga 2. Istrumen penelitian berupa angket motivasi belajar dengan menganalisis jumlah skor motivasi masing-masing siswa dan jumlah skor untuk setiap indikator motivasi. Hasil analisis diperoleh sebanyak 51,61% siswa memiliki motivasi sangat kuat; 25,81% siswa memiliki motivasi kuat; dan 22,58% siswa cukup termotivasi. Selanjutnya, motivasi belajar siswa untuk indikator ketekunan dalam belajar sebesar 82,80%; ulet dalam menghadapi kesulitan sebesar 70,48%; minat dan ketajaman perhatian belajar sebesar 82,20%; berprestasi dalam belajar sebesar 77,51%; dan kemandirian dalam belajar sebesar 68,78%. Disimpulkan bahwa pembelajaran Think Pair Square menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar matematika.

References

Aini, N., & Sumargiyani. (2018). Developing Mathematics Student Activity Sheet (Sas) In Transformation For Seventh Grade Students Of SMP/MTS Based Curriculum 2013. Journal Of Honai Math, 1(1), 56–66.

Alkaabi, S. A. R., Alkaabi, W., & Vyver, G. (2017). Researching Student Motivation. Contemporary Issues in Education Research, 10(3), 193–202.

Badri, R., Armiati, & Mukhni. (2018). Dampak Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 62.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 82–83.

Harandi, S. R. (2015). Effects Of E-learning On Students’ Motivation. Procedia Social and Behavioral Sciences, 181, 423–430.

Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar Kelas XI SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 66–87.

Herawaty, D., Widada, W., Novita, T., Waroka, L., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Students’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012089

Herges, R. M., Duffield, S., Martin, W., & Wageman, J. (2017). Motivation And Achievement Of Middle School Mathematics Students. The Mathemtics Educator, 26(1), 83–106.

Hornstra, L., Kamsteeg, A., Pot, S., & Verheij, L. (2018). A Dual Pathway Of Student Motivation : Combining An Implicit And Explicit Measure Of Student Motivation. Frontline Learning Research, 6(1), 1–18.

Ilma, R. I. P. (2011). Pembelajaran Materi Bangun Datar melalui Cerita menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ( PMRI ) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 18(2).

Januartini, P. D., Agustini, K., & Sindu, I. G. P. (2016). Studi Komparatif Model Pembelajaran Think Pair Square dan Think Pair Share Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mapel TIK Kelas X SMAN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 148–160.

Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Universitas Putra Indonesia, Edisi Khus(1), 120–126.

Laina, Rahmi, & Muslim, A. P. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar.

Lie, A. (2002). Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Nusyifa, U., Handayani, S., & Muslim, A. P. (2018). Pengaruh Penerapan Teknik Quick On The Draw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI. Jurnal Lemma, IV(1), 81–86.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rufiana, D., & Mulyadi. (2017). Using Think-Pair-Square-Share Strategy To Improve Students ’ Speaking Ability For Indonesian Senior High School Students. Journal of Applied Linguistics and Literature, 2(1).

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 73–82.

Tresnayanti, N. M. D., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. . (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Square terhadap Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja. E-Journal Program PasaSarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2).

Utami, F. D., Djatmika, E. T., & Sadijah, C. (2017). Pegaruh Model Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep, Sikap, Sikap Ilmiah, dan Kemampuan Pemacahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 2(12), 1629–1631.

Wang, C. K. J., Liu, W. C., Kee, Y. H., & Chian, L. K. (2019). Competence, Autonomy, And Relatedness In The Classroom: Understanding Students Motivational Processes Using The Self-determination Theory. Heliyon, 5, e01983.

Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028

Widada, Wahyu, Herawaty, D., Ma’rifah, N., & Yunita, D. (2019). Characteristics of Students Thinking in Understanding Geometry in Learning Ethnomathematics. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(11), 3496–3503.

Widada, Wahyu, Herawaty, D., Rahman, M. H., Yustika, D., & Elsa, P. (2020). Overcoming the difficulty of understanding systems of linear equations through learning ethnomathematics. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012074 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012074, 1470, 1–14. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012074

Zulkardi, & Ilma, R. I. P. (2006). How to Design Mathematics Lesson Based on The Realistic Approach. In Konferensi Nasional Matematika Ke-13.

Published

2020-06-11

How to Cite

Rahmi, R., & Rayhana, O. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Think Pair Square. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 26–39. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11407