Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik

Authors

  • Asti Ariani Universitas Bengkulu
  • Wahyu Widada Universitas Bengkulu
  • Dewi Herawaty Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11413

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Pembelajaran Saintifik

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP masing tergolong rendah. Perlu diterapkan pembelajaran yang dapat mengatasinya, yaitu pendekatan saitifik. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Seluma Kabupaten Seluma pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan populasi seluruh Kelas VIII. Data hasil penelitian dianalisis melalui Uji Analisis Kovariat (Anakova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran saintifik lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional dengan nilai p-value = 0,00 < 0,05 (setelah mengontrol kemampuan awal).   

References

Alfeld, Peter. 1996. Understanding Mathemathics. [online]. Tersedia: http://www.math.utah.edu/~pa/math/polya.html. [21 Oktober 2014].

Aliza, F., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Proses Kognitif Siswa dalam Memahami Matematika Berdasarkan Teori Perkembangan Skema Extended Level Triad ++ Selama Pembelajaran Berorientasi Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 145–152.

Herawaty. D, Rusdi, & Efrida. E. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Matematika Realistik, Dan Konflik Kognitif Siswa. Jambi: Artikel Dimuat Dalam Prosiding Jambi Internasional Seminar On Education 3-5 April 2016

Herawaty, D., Widada, W., Adhitya, A., Sari, R. D. W., & Novianita, L. (2020). Students ’ ability to simplify the concept of function through realistic mathematics learning with the ethnomathematics approach. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012031 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012031, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012031

Herawaty, D., Widada, W., Handayani, S., Febrianti, R., & Abdurrobbil, F. D. (2020). Students ’ obstacles in understanding the properties of the closed sets in terms of the APOS theory. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012068 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012068, 1470, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012068

Herawaty, D., Widada, W., Herdian, F., & Nugroho, K. U. Z. (2020). The cognitive process of extended trans students in understanding the real number system. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012070 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012070, 1470, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012070

Hodson, D. (1996). Laboratory Work as Scientific Method: Three Decades of Confusion and Distortion. Journal of Curriculum Studies, 28(2), 115-135.

Kasiram. M. 2008. Metodelogi Penelitian. Malang: UIN-Malang Press.

Kemdikbud. 2013. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran . Jakarta: Pusbangprodik.

Krulick, S. And Rudnick, J.A.. 1995. The New Sourceschool for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementry School. Allyn and Bacon: Boston, London, toronto, Sydney, Tokyo and Singapore.

Mulyadi, S. dkk. 2016. Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Teori-teori Baru dalam Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shadiq. 2006. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi. Pelatihan Instruktur/Pengembang Matematika SMA. Depdiknas: PPPG Matematika Yogyakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarmo, U.. 2004. Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah disajikan pada Pelatihan Guru Matematika di Jurusan Matematika ITB.

Varelas, M and Ford M. 2009. The Scientific Method and Scientific Inquiry: Tensions in Teaching and Learning. USA: Wiley InterScience.

Widada, W. 2011a. Materi Kajian Psikologi Kognitif Pendidikan Matematika. FKIP UNIB.

Widada, W. 2016a. Profile of Cognitive Stucture of Students in Understanding the Concept of Real Analysis. Journal of Mathematics Education, 5(2), 83–98. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i2.215

Wardhani, S.. 2006. Permasalahan Pembelajaran dan Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP. Disampaikan pada Penlok Widyaiswara Pendidikan Matematika Sekolah dari LPMP se Indonesia, Depdiknas, Direktorat Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, PPPG Matematika Yogyakarta.

Widada, W., Efendi, S., Herawaty, D., & Nugroho, K. U. Z. (2020). The genetic decomposition of students about infinite series through the ethnomathematics of Bengkulu , Indonesia. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012078 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012078, 1470, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012078

Widada, W., & Herawaty, D. (2017). Dekomposisi Genetik tentang Hambatan Mahasiswa dalam Menerapkan Sifat-sifat Turunan. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 136–151. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i2.9216

Widada, W., Herawaty, D., Andriyani, D. S., Marantika, R., & Yanti, I. D. (2020). The thinking process of students in understanding the concept of graphs during ethnomathematics learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012072 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012072, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012072

Widada, W., Herawaty, D., Beka, Y., Sari, R. M., & Riyani, R. (2020). The mathematization process of students to understand the concept of vectors through learning realistic mathematics and ethnomathematics. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012071 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012071, 1470, 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012071

Widada, W., Herawaty, D., Rahman, M. H., Yustika, D., & Elsa, P. (2020). Overcoming the difficulty of understanding systems of linear equations through learning ethnomathematics. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012074 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012074, 1470, 1–14. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012074

Published

2020-06-11

How to Cite

Ariani, A., Widada, W., & Herawaty, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 84–92. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11413