Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Murdiana Murdiana SMP Negeri 09 Lebong
  • Rahmat Jumri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Boby Engga Putra Damara SMA Negeri 02 Lubuk Linggau

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11450

Keywords:

Pengembangan, Pembelajaran Matematika, Kreativitas

Abstract

Pembelajaran Matematika di lapangan menunjukkan sebagian besar kegiatan pembelajaran Matematika memprioritaskan pelajar sebagai objek. Siswa tidak mendapat kesempatan untuk membangun dan memberikan interprestasinya terhadap materi yang diberikan yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Tantangan yang akan dihadapi guru Matematika pada saat ini dan masa yang akan datang adalah menuntut guru agar mempunyai peran bedar dalam pengembangan kreativitas, salah satunya adalah kemampuan guru agar mempunyai peran yang besar dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis pada siswa, memberikan keleluasaan pada peserta didik untuk merekontruksi, menafsirkan, dan menuangkan gagasan-gagasan yang dimiliki siswa. Selain itu, paradigma baru pembelajaran Matematika menggunakan konstruktivisme, dan pengembangan keterampilan berpikir, pemilihan metode atau media yang dapat menunjang dan mengembangkan kreativitas siswa serta adanya kesepahaman dari semua guru Matematika tentang esensi dari pembelajaran Matematika itu sendiri.

 

References

Amri, S., & Widada, W. (2018). The Influence of Emotional Intelligence and Self Efficacy on the National Examination of Students of SMA N Bengkulu. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 253(September), 25–26.

Julita, S., & Anggoro, A. F. D. (2019). The Local Culture-Based Learning Model To Improve Teaching Abilities For Pre-Service Teachers. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012058), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012058

Marjon, & Nugroho, K. U. Z. (2019). The Training Design for Vocational Teachers in Bengkulu. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012055), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012055

Suharto, S., & Widada, W. (2019). The Students ’ Anxiet y in Facing the Mathematical National Exams. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 253(Aes 2018), 123–124.

Suarjana.2013. Pengembangan Bahan Ajar Berpendekatan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1 (2), 147-153.

Suparman, A. 2014. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Soedjadi, R. 2007. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2), 1- 41.

Ullya. Dkk. 2010. Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk siswa kelas 4. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (4), 88.

Published

2020-06-16

How to Cite

Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152–160. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11450