Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Dengan Strategi Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.12156Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis, STADAbstract
Penelitian ini berfokus pada proses untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis mahasiswa melalui pembelajaran matematika dengan strategi kooperatif tipe STAD. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD, penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pretes-postes. Pembelajaran dengan kooperatif tipe STAD diberlakukan pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional diberlakukan pada kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan matematika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara acak, dengan menggunakan instrumen yaitu tes berupa soal-soal pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis mahasiswa yang mendapat pembelajaran kooperatif Tipe STAD lebih tinggi secara daripada mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional.References
Agustina, R. L. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model STAD Dan NHT. Journal of EST, 1(3), 31–38.
Arif, A., & Khafid, M. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Teuku Umar Semarang Tahun 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3), 735–749.
Asmoro, A. W. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran STAD Pada Materi Barisan Dan Deret Bilangan. Jurnal Edumath, 3(1),28–33
Depdiknas. 2007. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Dwidayati, Nurkomah. 2018. “Menggali Etnomatika : Matematika Sebagai Produk Budaya.” 1: 471-476.
Esminarto, Sukowati, & K. Anam. (2016). Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual 1, 16(2), 16-23.
Hartati, T., & Suyitno. (2015). Studi Komparatif Model Pembelajaran TAI Dan CIRC
Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1), 60–68.
Heni, D. M. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams
Achievement Divisions (STAD ) Yang Dimodifikasi Dengan Tutor Sebaya Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Siswa. Jurnal Edutama, 1(1), 1–7.
Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., dan Ismono. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press.
Karli, H dan Yuliariatiningsih, M.S. (2002b). Implementasi KBK 2. Jakarta: Bina Media Informasi.
Laksana, R. A. T., Rochmad, & Kharis, M. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran STAD Disertai Permainan MAM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas X Materi Logaritma. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2), 126–131.
Tambunan, L. O. (2018). Perbedaan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pembelajaran Langsung. Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan, 4(2), 41-48.
Murtono. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif CIRC, Jigsaw, dan STAD
Terhadap Keterampilan Membaca Ditinjau Dari Kemampuan Logika Berbahasa. Kajian Linguistik Dan Sastra, 24(2), 187–198
Pratiwi, K. K., & Santosa, N. B. (2013). Pengaruh Pembelajaran Team Assisted
Individualization (TAI) Berbantuan Media Smart And Interesting Card (SIC) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(2), 1210–1219.
Prayitno, S., Suwarsono., & Siswono, T. Y. (2013). Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang pada Tiap-Tiap Jenjangnya. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V. Universitas Negeri Malang.
Qohar, A., & Sumarno, U. (2013). Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning Of Yunior High School Students by Using Receptional Teaching. IndoMs. J.M.E, Vol.4, 59-74.
Rahmawati, R. D., & Mahmudi, A. (2014). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif STAD Dan TAI Ditinjau Dari Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 102–115.
Rohika, D. P. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD ) Pada Siswa Kelas IV SD No.2 Beng Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 221–228.
Sugeng, M. 2011. Pengembangan Dan Aplikasi. Dalam seminar Konferda di UII Jokjakarta, 2 Februari 2011.
Sumarni, & Susanti, N. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Economica, 4(1), 109–123.
Suratno. (2013). Pengaruh Penerapan Metode STAD Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Minat Siswa Di SMA N 10 Batanghari. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8(2), 111–122.
Tristanti, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(3), 338–349
Sumarmo, U. (2005). “Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2002 Sekolah Menengah”. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika di FMIPA Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.
Wardani, D. T. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Tahun Ajaran 2014/2015. Equilibrium, 3(2), 105–112.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .