Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.12556Keywords:
Etnomatematika, Pengembangan E-modul, Motif Batik Adi PurwoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul matematika yang mengintegrasi motif Batik Adi Purwo untuk siswa SMP dan mengetahui kelayakannya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Uji coba penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMP kelas IX. Instrumen yang digunakan meliputi lembar panduan wawancara, lembar validasi, lembar angket respon, dan soal tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul matematika yang mengintegrasi motif Batik Adi Purwo berdasarkan penilaian ahli mendapatkan skor rata-rata total penilaian sebesar 3,8 memenuhi kriteria valid. Berdasarkan respon siswa dan guru diperoleh skor rata-rata 3,5 dengan persentase sebesar 87% dalam kategori sangat positif, sehingga e-modul dikatakan praktis. Sedangkan berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa, diperoleh persentase ketuntasan sebesar 83% sehingga e-modul dikatakan efektif. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika yang mengintegrasi motif Batik Adi Purwo untuk siswa SMP layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.References
Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2018). Etnomatematika dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907 Volume 3 Nomor 2, 27-33
Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2017). Integrating Ethnomathematics in Mathematical Learning Design for Elementary Schools. 4th ICRIEMS Proceedings by The Faculty of Mathematics and Natural Sciences Yogyakarta State University. ISBN 978-602-74529-2-3, 192–197.
Bagiya, Aji, D. B, & Setyorini, N. (2019). Kajian Semiotika Motif Batik Tulis Adi Purwo Khas Purworejo dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas X SMA. Prosiding Pekan Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Pesona). Volume 2 Nomor 1, 27–33.
Budiarti, I., & Agustina, W., (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Ethnomathematics. 3(3), 178–187.
Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, D. I., & Sulistyani, N. (2017). Ethnomathematica dalam Pembelajaran Matematika (Pembelajaran Bilangan Dengan Media Batik Madura, Tari Khas Trenggal dan Tari Khas Madura). Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Volume 5 Nomor 2, 716–721.
Kaul, V. (2012). Globalisation And Crisis Of Cultural Identity. Journal of Research in International Business and Management. Volume 2, Nomor 13, 341-344.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif :Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics : the cultural aspects of mathematics Etnomatemática : os aspectos culturais da matemática. Volume 4 Nomor 2, 32–54.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran abad 21 di sd. ISSN: 2528-5564, 439–444.
Yamasari, Y. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas”. Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS, ISBN No.979-545-0270-1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .