Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Masyarakat Bengkulu dalam meningkatkan Komunikasi Matematis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.13601Keywords:
Penelitian Tindakan, matematika realistik, budaya, komunikasi matematisAbstract
Penelitian bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran pada matakuliah statistik dasar. Peningkatan difokuskan pada kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan pendekatan matematika realistik berbasis budaya masyarakat Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa angkatan 2020/2021 yang mengikuti matakuliah statistik dasar. Kelas yang dipilih sebagai subjek adalah kelas IA dengan jumlah mahasiswa sebanyak 36 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes komunikasi matematis berbentuk uraian. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistik berbasis budaya masyarakat Bengkulu dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada perkuliahan statistik dasar. Peningkatan ditunjukkan bahwa pada tes awal rata-rata kemampuan siswa sebesar 47,25 dan meningkat menjadi 60,25 pada siklus I dengan peningkatan sebesar 27,51%. Pada siklus II rata-rata kemampuan siswa mencapai 74,50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72,22%.
References
Astuti, A., & Leonard. 2012. Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 102-110.
Haji, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 5. No 1: 42-49.
Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills. Matematik Siswa. Penerbit: Refika Aditama. Bandung.
Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu Vol.7 No.1, 11.
Indriani, Putri, I. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume IV No 1: 21 – 31.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional
Sumarmo, U. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Artikel pada FPMIPA UPI Bandung
Tim Penyusun Modul PLPG. 2011. Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Modul Pendidikan dan latihan Profesi Guru (PLPG) Bidang Matematika. Bengkulu :Universitas Bengkulu
Widoyoko, E., P. 2009. Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .