Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Masyarakat Bengkulu dalam meningkatkan Komunikasi Matematis Mahasiswa

Authors

  • Edi Susanto Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Rusdi Rusdi Universitas Bengkulu
  • Agus Susanta Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.13601

Keywords:

Penelitian Tindakan, matematika realistik, budaya, komunikasi matematis

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran pada matakuliah statistik dasar. Peningkatan difokuskan pada kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan pendekatan matematika realistik berbasis budaya masyarakat Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa angkatan 2020/2021 yang mengikuti matakuliah statistik dasar. Kelas yang dipilih sebagai subjek adalah kelas IA dengan jumlah mahasiswa sebanyak 36 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes komunikasi matematis berbentuk uraian. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistik berbasis budaya masyarakat Bengkulu dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada perkuliahan statistik dasar. Peningkatan ditunjukkan bahwa pada tes awal rata-rata kemampuan siswa sebesar 47,25 dan meningkat menjadi 60,25 pada siklus I dengan peningkatan sebesar 27,51%. Pada siklus II rata-rata kemampuan siswa mencapai 74,50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72,22%.

References

Astuti, A., & Leonard. 2012. Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 102-110.

Haji, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 5. No 1: 42-49.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills. Matematik Siswa. Penerbit: Refika Aditama. Bandung.

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu Vol.7 No.1, 11.

Indriani, Putri, I. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume IV No 1: 21 – 31.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional

Sumarmo, U. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Artikel pada FPMIPA UPI Bandung

Tim Penyusun Modul PLPG. 2011. Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Modul Pendidikan dan latihan Profesi Guru (PLPG) Bidang Matematika. Bengkulu :Universitas Bengkulu

Widoyoko, E., P. 2009. Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Published

2021-03-30

How to Cite

Susanto, E., Rusdi, R., & Susanta, A. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Masyarakat Bengkulu dalam meningkatkan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.13601

Issue

Section

Articles