Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik SMP Negeri 11 Kota Bengkulu Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Berbasis Etnomathematika
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.14281Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah, PMR, EthnomatematikaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan menerapkan pendekatan PMR berbasis ethnomatematika. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.G SMPN 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah dan dianalisis dengan melihat nilai rata – rata dan ketuntasan belajar klasikal. Rata–rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik siklus I adalah 67, siklus II adalah 73 dan siklus III adalah 79. Ketuntasan klasikal peserta didik pada siklus I adalah 50%, siklus II 67% dan pada siklus III sebesar 79%.
References
Haji, S. (2008). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas 7 SMPN 1 Kotamadya Bengkulu. Didaktika: Jurnal Pendidikan Pengembangan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, 9(3), 291–300.
Herawaty, D., & Rusdi. (2016). Increased Capacity of The Understanding of The Concept And The Ability To Solve Problems Through The Implementation of The Model of Teaching Mathematics Realistic Based on Cognitive Conflict Students. Infinity Journal, 5(2), 109–120. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i2.217
Kesumawati, N. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, Dan Disposisi Matematis Peserta didik Smp Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. S3 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Di Akses Pada Tanggal 6 Januari 2020 Dari:
http://repository.upi.edu/id/eprint/7975
Lestari, L., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students ’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 91–100. http://gssrr.org
Montague. 2007. Math Problem Solving for Middle School Students with Disabilities. [online]. Avaliable: http://www.kfaccesscenter.org/training_ resources/MathProblemSolving.asp [10 Januari 2020].
Tampubolon. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai Pengembangan Profesi pendidik dan Keilmuan. Jakarta : Erlangga.
Widada, W., Herawaty, D., Anggoro, A. F. D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research Volume 295, 13–16. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.4
Widiarti, Y., Anggreni, D., & Sari, S. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Alat Musik Tradisional Bengkulu Sebagai Media dan Alat Peraga Dalam Penyampaian Konsep Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 177–184
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .