Evaluasi Formatif Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Butir Soal Mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.14428Keywords:
Evaluasi formatif, Komputer, Analisis butir soalAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar sumbangan efektif evaluasi formatif berbantuan komputer terhadap kemampuan analisis butir soal mahasiswa dan membandingkan rata-rata kemampuan analisis butir soal mahasiswa yang diajar dengan evaluasi formatif berbantuan komputer dengan rata-rata kelas diajar tanpa bantuan komputer. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 32 mahasiswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan analisis butir soal dengan indikator indek kesukaran, daya beda, validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian: (1) terdapat sumbangan yang efektif evaluasi formatif berbantuan komputer terhadap kemampuan analisis butir sebesar 52,47%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan statistik terhadap kemampuan analisis butir soal; dan (3) rata rata kemampuan analisis butir mahasiswa yang mengikuti evaluasi formatif berbantuan komputer (65,63) lebih tinggi dari rata-rata yang diajar tanpa bantuan komputer (59,13).References
Aiken, L.R. (1994). Psychological Testing and Assesment. Massachusetts: Allyn and Bacon Inc.
Anastasi, Anne & Urbina, (1997), Psychological Testing. New York: Prentice-Hall, Inc.
Arikunto, S. (2012). Dasar dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Azwar, S. (1996). Tes Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bhola, (2002), What is Formative Evaluation, p.1 (http : // www. sil. org/lingua links/literacy/ formative evaluation. Html).
Crocker, L. & Algina, J. (1986). Introduction to Classical and Modern Test, Theory. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Cronbach, L. (1984) Essential of Psychological Testing, New York: Harper and Row.
Djaali, Pudji, M., & Ramly. (2000), Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: PPS Universitas Negeri Jakarta.
Frankel.& Wallen. (1993). How to Diesign and Evaluate Research in Education. New York: McGraw Hill. Inc.
Linn, R. L. & Gronlund, N. E. (1995). Measurement and Assessment in teaching (Seventh Edition). Ohio: Merrill, an immprint of Prentice Hall.
Maulana, F. (2018) Analisis Butir Soal Tes Matematika Siswa SMPN 1 Indrapuri Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi UIN Ar-raniry Aceh
Millman, J. & Greene, J. (1993).The Spesification and Development of Tests of Achiievement and Ability in Robert L. Lin (Editor). Educational Measurement, Third Edition. Phoenix: American Council on Education, Series on Higher Education Oryx Press.
Nitko, A.J. (1996). Educational Assessment of Students, Second Edition. Ohio: Merrill an imprint of Prentice Hall Englewood Cliffs
Rosana, D. & Setyawarno, D. (2016), Statistik Terapan untuk Penelitian Bidang Pendidikan. Yogyakarta: FMIPA UNY
Tessmer, M. (1995), Planing and Conducting Formative Evaluation. London: Kogan Page Limited
Zamzaili (2018) Pelatihan Penyusunan Tes Dan Analisis Kualitas Tes Berbantuan Sofware Iteman Bagi Guru MAN Kota Bengkulu. Laporan PPM FKIP Univ Bengkulu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .Â