Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Google Meet Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.16013Keywords:
Google Meet, Pemahaman konsep matematika, WhatsApp groupAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran menggunakan Google Meet terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran menggunakan Google Meet dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional menggunakan WhatsApp group. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan instrumen tes. Analisis data instrumen tes menggunakan uji Anova dua jalur. Hasil penelitian ini adalah nilai sig pembelajaran 0,010 < 0,05, maka H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan Google Meet terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dengan besaran efek dari pembelajaran Google Meet sebesar 0,578 dengan kategori sedang.References
Haji, S. (2011). Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Kependidikan Triadik, 14(1), 55–63.
Haji, S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pembelajaran Matematika Concept-Rich. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, October, 26–28.
Latifah, N., Wulandari, A. A., & Suratno, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Google Meet. Absis: Mathematics Education Journal, 2(2), 46. https://doi.org/10.32585/absis.v2i2.1089
Muniroh, Rojanah, R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Media Google Meet Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 410–419.
Murizal, A., Yarman, & Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19–23.
Nalurita, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet pada Mata Kuliah Teknik Proyeksi Bisnis Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Kelas G). Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia, 10(1), 22–30.
Nugraha, D. G. A. P., Astawa, I. W. P., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Kelancaran Prosedur Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 75–86. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.20074
Permendikbud. (2014). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Permendikbud, Nomor 58, 51.
Permendiknas. (2006). Peraturan Menteri Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Permendiknas, 1–35.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Sumantri, A., Anggraeni, Andrian Ari, Rahmawati, A., Wahyudin, A., & Hermawan, A. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, 53(9), 1689–1699.
Yuliani, E., Zulfah, Z., & Zulhendri, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91-100. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .