Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Materi Program Linear Menggunakan Model Problem Based Learning

Authors

  • Dewi Purnama Sari Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i2.16119

Keywords:

Problem based learning, Pemecahan masalah, Matematika

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran problem based learning serta mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu mix methods dengan tahap kuantitatif pre-experimental design tipe one group pretest-posttes dan kualitatif deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa serta diambil 3 siswa dalam mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test, post-test, wawancara semi terstruktur. Instrumen dibuat dalam bentuk esai yang dirancang untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan problem based learning sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dan sedang mampu melakukan minimal 3 tahap dalam proses pemecahan masalah, sementara siswa kategori rendah hanya mampu maksimal 2 tahap dalam proses pemecahan masalah matematis.

References

Aidoo, B., Boateng, S. K., Kissi, P. S., & Ofori, I. (2016). Effect of Problem-Based Learning on Students’ Achievement in Chemistry. Journal of Education and Practice, 7(33), 103–108.

Alexander, P. a. (2012). How We Think: A Theory of Goal-Oriented Decision Making and Its Educational Applications , by Alan H. Schoenfeld . Mathematical Thinking and Learning, 14(3), 257–263. https://doi.org/10.1080/10986065.2012.683320

Amatullah, H., Sehatta, S., & Murni, A. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Tanah Merah Penerapan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X 2 Sma Negeri 1. Jurnal Online Mahasiswa, 3(1), 1–9.

Anderson, J. (2009). Mathematics Curriculum Development and the Role of Problem Solving. May. https://www.researchgate.net/publication/255630930_Mathematics_Curriculum_Development_and_the_Role_of_Problem_Solving

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: planning, conducting, evaluating, quantitative and qualitative research (Fourth Edition). Pearson Education Inc.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga.

Eviyanti, C. Y., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Improving the Students’ Mathematical Problem Solving Ability by Applying Problem Based Learning Model in VII Grade at SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 138–144.

Fatmawati, F., & Murtafiah, M. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 1 Majene. Saintifik, 4(1), 63–73. https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i1.145

Hendriani, B. F., Masrukan, & Junaedi, I. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Mandiri Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Matematika Model 4K. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2000, 38–49.

Hidayati, R. M., & Wagiran, W. (2020). Implementation of problem-based learning to improve problem-solving skills in vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(2), 177–187. https://doi.org/10.21831/jpv.v10i2.31210

Irfan, M. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecemasan Belajar Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 143–149. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8779

Irianti, N. P. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 80. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3622

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528

Komarudin. (2016). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking. Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, VIII(1), 202–217.

Kristofora, M., & Sujadi, a a. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas Vii Smp. Prisma, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.24

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–162. https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan Wamendik.pdf

Lakatos, I. (1976). Proofs and refutations: The logic of mathematical discovery. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139171472

Mairing, J., Budayasa, I., & Juniati, D. (2011). Profil Pemecahan Masalah Siswa Peraih Medali OSN Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 18(1), 57–64.

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304, pp. 89–92). SAGE Publications.

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.

NCTM. (2000). A Vision for School Mathematics. Principles and Standards for School Mathematics, 3–8.

Nurdiana. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 19(2), 123–130.

Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva, S. (2014). An Analysis of Elementary School Students’ Difficulties in Mathematical Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2012), 3169–3174. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.728

Polya, G. (1973). How To Solve It. Princeton University Press.

Polya, G. (1978). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. In The Mathematical Gazette (Vol. 30, p. 181).

Rani, A. M., & Istiqomah, I. (2019). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika Materi Vektor. Prosiding SENDIKA, 1(1).

Risani, R. T., & Nuriyatin, S. (2021). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 13–20. https://jurnal.untirta.ac.id

Rustam E, S., Sidabutar, D. R., & Edy, S. (2017). Improving Learning Activity and Students ’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 321–331.

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tiga aspek. Maju, 5(1), 91–107.

Sabaruddin. (2019). Penggunaan Model Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Aanalisis Peserta Didik Pada Materi Gravitasi Newton. Lantanida Journal, 7(1).

Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470

Sanders, S. (2016). Critical and Creative Thinkers in Mathematics Classrooms. Journal of Student Engagement: Education Matters, 6(1), 19.

Sari, L. N. I. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. In Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains (Vol. 5, Issue 01, p. 24). https://doi.org/10.24952/logaritma.v5i01.1258

Schleicher, A. (2018). PISA 2018 Insights and Interpretations. 24(1), 12–17. https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf

Simon, N. &. (1991). Human problem solving. Psychometric Theory, 13(48), 1991. http://garfield.library.upenn.edu/classics1980/A1980KD04600001.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5.

Supraptinah, U. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 2(2), 13. https://doi.org/10.32630/sukowati.v2i2.37

Tan, L. S., & Ang, K. C. (2016). A school-based professional development programme for teachers of mathematical modelling in Singapore. Journal of Mathematics Teacher Education, 19(5), 399–432. https://doi.org/10.1007/s10857-015-9305-z

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. December 2019, 20–22. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka. http://pustaka.unm.ac.id/opac/detail-opac?id=39488

Umam, K. (2015). Pemahaman Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Divergen. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 84. http://simakip.uhamka.ac.id/download?type=jurnal&id=20

Umam, K. (2018a). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 145. https://doi.org/10.33603/e.v6i2.2216

Umam, K. (2018b). Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa melalui pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57–61.

Umam, K., & Kowiyah, K. (2018). The Effect of Non-Routine Geometry Problem on Elementary Students Belief in Mathematics: A Case Study. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 3(1), 99. https://doi.org/10.26737/jetl.v3i1.552

Utomo, Y. C. (2017). The Implementation of Program Based Learning (PBL) Model to Enhance Students’ Mathematics Learning Achievement of Grade VII A SMP Negeri 2 Godean. Proceedings The 2017 International Conference on Research in Education - Sanata Dharma University, 338–346.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. UPI.

Warli. (2014). Tantangan Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2000.

Yana, Y., & Sari, D. P. (2021). Investigasi Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Di Era Covid-19. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 3(1), 19. https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8184

Published

2021-07-31

How to Cite

Sari, D. P. (2021). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Materi Program Linear Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 27–39. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i2.16119

Issue

Section

Articles