Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP

Authors

  • Widyanti Widyanti Universitas Islam Riau
  • Zetriuslita Zetriuslita Universitas Islam Riau
  • Suripah Suripah Unversitas Islam Riau
  • Rahma Qudsi Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.16809

Keywords:

pengembangan perangkat pembelajaran, kubus dan balok, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model dari Sugiyono. Dikarenakan penelitian dilakukan dimasa pandemi Covid-19, maka peneliti membatasi prosedur pengembangan menjadi 6 tahap yang telah di modifikasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan lembar validasi LKPD. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes berupa lembar validasi yang diberikan kepada 4 orang validator, yaitu 2 orang dosen Pendidikan Matematika dan 2 orang guru matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Data hasil validasi yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran teruji kevalidannya.

Author Biographies

Widyanti Widyanti, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

Zetriuslita Zetriuslita, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

Suripah Suripah, Unversitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

Rahma Qudsi, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Amelia, S. (2018). Sikap Siswa SMP terhadap Matematika, Accelerated Learning Cycle, dan Soal Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Dan Kongres IndoMS Wilayah Sumatera Bagian Tengah, 472–480. http://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9245

Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6665

Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 293–302. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558

Astuti, P. H. M., Margunayasa, I. G., & Suarjana, I. M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok. Jurnal Ilmu Sekolah Dasar, 3(3), 269–277.

Bernawi, & Arifin, M. (2016). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dwihantoro, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa Kelas VII SMP. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamdi, S., & Ermawati, S. (2018). Implementasi Penilaian Autentik: Model Perangkat Pembelajaran dan Penilaian Matematika Dengan Pendekatan CTL Berbasis Budaya Islam. Educatio, 13(2), 110–121.

Herlina, S., Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Ismail, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII SMPN 27 Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Istarani, & Ridwan, M. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV. Media Persada.

Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 1–15.

Sohibun, S., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis virtual class berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121–129.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suripah, & Sthephani, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Akar Pangkat Persamaan Kompleks Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 149–160. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.16509

Yakub, R. D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP/MTs. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Zetriuslita, & Anggraini, L. M. (2019). Pelatihan Menjadi Pendidik Inovatif, Motivatif dan Menyenangkan. Community Education Engagement Journal, 1(1), 67–72.

Zetriuslita, Wahyudin, W., & Dahlan, J. A. (2018). Association Among Mathematical Critical Thinking Skill, Communication, And Curiosity Attitude As The Impact Of Problem-Based Learning And Cognitive Conflict Strategy (PBLCCS) In Number Theory Course. Infinity Journal, 7(1), 15. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i1.p15-24.

Published

2021-11-30

How to Cite

Widyanti, W., Zetriuslita, Z., Suripah, S., & Qudsi, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 47–57. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.16809

Issue

Section

Articles