Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi SPLTV

Authors

  • Novferma Novferma Universitas Jambi
  • Mujahidawati Mujahidawati Universitas Jambi
  • Erin Setiana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.18419

Keywords:

Kemampuan komunikasi matematis, Sistem persamaan linear tiga variabel, Gaya kognitif impulsif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah  pada materi SPLTV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kabupaten Tebo, Jambi. Subjek dari Penelitian ini terdiri atas empat siswi kelas 10 yang mempunyai gaya kognitif impulsif dari hasil tes gaya kognitif. Data diolah menjadi tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa dari indikator kemampuan komunikasi matematis dari empat subjek, dua subjek mampu mencapai lima indikator dan dua subjek hanya mampu mencapai satu idikator kemampuan matematis pada siswa bergaya kognitif impulsif.

References

Achir, Y. S., Usodo, B., & Setiawan, R. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 20 No 1.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dewi, A. D., Maimunah & Roza, Y. 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan. Vol 7 No. 3.

Fajri, N. 2016. Analisis Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena Kota Banda Aceh, Aceh. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 3 No 2.

Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta: Tugupublisher.

Heryan, Umaedi. 2018.Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika.Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol 3 No 2.

Kosko, K. W., & Gao. Y. 2017. Mathematical Communication in State Standar Before the Common Core. Education Policy, Vol 31 No 3.

Minrohmatillah, N. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Impulsif. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Matematika (JP2M), Vol 4 No 2.

Nugroho, A. D., Zulkarnaen R & Ramlah. 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 06 No. 3.

Pane, N, S., Jaya, I., Lubis, M, S.2017.Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data di kelas VII Mts Islamiyah Medan.Axiom,Vol 7 No 1.

Sari, V. D. P., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, K. 2021. Analisis Kemampuan Matematis Siswa pada Pembelajaran Daring Berbantuan Whatsapp Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains. Vol. 2, N0. 1.

Setiawan, dkk. 2018. Student ‘ relational thingking of impulsive and reflective in solving mathematic problem. Journal of Physic: Conference series PAPER. 947(12030)

Satori, D. & Komariah, A. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Syafina V. & Pujiastuti, H. 2020. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. MAJU, Vol 7 No 2.

Warli. 2010. Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergata Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Surabaya: PPS-UNESA.

Warli. 2013. Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 20 No 2.

Published

2021-11-30

How to Cite

Novferma, N., Mujahidawati, M., & Setiana, E. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi SPLTV. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 131–146. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.18419

Issue

Section

Articles