Efektivitas Penggunaan Pen Tablet Berbasis Zoom terhadap Minat Belajar Matematika Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan

Authors

  • Widyawanti Rajiman Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Samsinar Samsinar Universitas Muhammadiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.19918

Keywords:

Efektivitas, Zoom, Pen tablet, Matematika ekonomi

Abstract

Sesuai dengan instruksi pemerintah bahwa masa pandemi covid-19 mengharuskan semua lembaga pendidikan membatasi pembelajaran tatap muka secara langsung, maka proses perkuliahan dilakukan secara online dengan memanfaatkan aplikasi zoom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran berupa respon Mahasiswa tentang seberapa efektif penggunaan pen tablet berbasis zoom terhadap minat belajar matematika ekonomi mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan di Universitas Muhammadiyah Palopo selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pen tablet berbasis zoom dalam pembelajaran matematika ekonomi dapat menarik minat belajar Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan di Universitas Muhammadiyah Palopo.

References

Akhirman, A. (2021). Pengaruh Aplikasi Zoom Kuliah Daring terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi – UMRAH pada Masa Pandemi Covid 19. Bahtera Inovasi, 3(2), pp. 103–109. doi: 10.31629/bi.v3i2.3327.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asih, A., & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. JPMI–Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (4), 799-808.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Gumanti, D., & Teza, S. D. (2021). Analisis Tingkat Minat Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam Perkuliahan Daring Masa Pandemi Covid-19. DOI : https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.623

Hanipa, A., Misbahudin, A., Andreansyah, R. & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Mts Kelas Viii dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322

Mahendra, I. (2015). Analisa Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Koperasi pada Koperasi Karyawan Budi Setia Jakarta dengan Technologi Acceptance Model. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(1):70– 80.

Patacsil, F.F., & Tablatin, C.S.L. (2017). Exploring The Importance of Soft and Hard Skills as Percieved by It Internship Stundent and Industry: A Gap Analysis. Journal or Technlogy and Science Education, 7(3), 347-368. https:/doi.org/10.3926/Jotse.271.

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), pp. 139–148. doi: 10.30762/sittah.v1i2.2487.

Rani, D. W. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom, Fasilitas Pembelajaran dan Minat Belajar Mahasiswa terhadap Motivasi Belajar Daring selama Pandemi Covid-19. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), pp. 703–714. doi: 10.33752/ed-humanistics.v5i2.1071.

Sa’diyah, N. P., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Pebelajaran Daring terhadap Hasil Belajar pada Masa pandemic Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 552-563. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss2.pp552-563

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(2), 14–19.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yunita, S., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3). 232 – 243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Zulkarnaen, W., dkk. (2020). Comparative Study of Tax Policy Related to Covid-19 in ASEAN Countries. International Journal of TEST Engineering & Management, 83(2),6519-6528.

Published

2022-03-31

How to Cite

Rajiman, W., & Samsinar, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Pen Tablet Berbasis Zoom terhadap Minat Belajar Matematika Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 75–83. https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.19918

Issue

Section

Articles