Eksplorasi Etnomatematika pada Balai Adat Melayu

Authors

  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Salamah Br Ginting Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20703

Keywords:

Etnomatematika, Balai, Adat Melayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan memvariasikan pembelajaran dengan menghubungkan matematika dan budaya yang disebut sebagai etnomatematika. Penelitian berfokus pada salah satu benda dari prosesi adat istiadat yaitu Balai pada pernikahan Melayu di Sumatera Utara.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan secara etnografi yang menganalisa dan menggambarkan sebuah budaya setempat berdasarkan fakta yang didapatkan di lapangan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pada Balai adat Melayu terdapat berbagai terapan dari konsep ilmu matematika seperti; (1) mengukur kayu untuk membentuk balai, (2) merancang bangun yang sesuai dilakukan dengan menyusun setiap tingkatan balai, (3) konsep himpunan yang terbukti bahwa terdapat beberapa variasi isian balai sesuai dengan selera pihak yang berhajatan, dan (4) kajian konsep geometri terdapat pada bagian balai dan ornamen pendukung balai yang erat hubungannya dengan bentuk-bentuk geometri.

References

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. 1–6. https://www.42.fr

Dapa, P. T. N., & Suwarsono, S. (2019). Etnomatematika Pada Rumah Adat Bajawa, Kabupaten Ngada, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Prosiding Sendika, 5(1), 35.

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika , 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling , 2(2), 144–159.

Hasibuan, A. R., & Ginting, S. S. B. (2021). Ethnomathematics Exploration: Offering Dance Performance (Makan Sirih) Ethnic Malay Deli North Sumatra. Daya Matematis : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 200–209.

Holidun, H., Masykur, R., & Putra, F. G. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial. Desimal : Jurnal Matematika, 1(1), 29–37. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index

Nasution, J., Riyanto, R., & Chandra, R. H. (2020). Kajian Etnobotani Zingiberaceae Sebagai Bahan Pengobatan Tradisional Etnis Batak Toba Di Sumatera Utara. Media Konservasi, 25(1), 98–102. https://doi.org/10.29244/medkon.25.1.98-102

Nasution, S. L., & Ginting, S. S. B. (2021). Ethnomathematics: Rice Procession Faced with Batubara Malays of North Sumatra. Daya Matematis : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 9(3), 226–231.

Pane, B., Najoan, X., & Paturusi, S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia. Journal Teknik Informatika, 12(1).

Parapat, L. H., & Harahap, E. M. (2018). Pemahaman Masyarakat Paringgonan Tentang Pesan Moral Dalam Tradisi Upah-Upah. Prosiding Seminar Literasi Sastra Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 174–179. http://lp2m-umnaw.ac.id/

Parnabhhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 1(1), 11–14.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Pusvita, Y., Herawati, & Widada, W. (2019). Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “ Bay Tat” untuk Memahami Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , 04(02), 185–193. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah "PENDIDIKAN DASAR, IV(1), 21–31.

Rakhmawati, R., Raden, M. I., & Lampung, I. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221–230.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Susilo, B. E., & Widodo, S. A. (2018). Kajian Etnomatematika Dan Jati Diri Bangsa. Indomath: Indonesian Mathematics Education, 1(2), 121–128.

Wahyuni, A., & Pertiwi, S. (2017). Etnomatematika Dalam Ragam Hias Melayu. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–118.

Wibowo, T. (2019). Pembelajaran Matematika Dan Risetnya Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 676–686.

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Sigma, 2(2), 35–40.

Published

2022-03-31

How to Cite

Khairunnisa, K., & Ginting, S. S. B. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Balai Adat Melayu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20703

Issue

Section

Articles