Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20966Keywords:
Pembelajaran, Media sosial, Manfaat YoutubeAbstract
Mahasiswa merupakan generasi milineal yang melek internet sehingga sangat sering menggunakan sosial media melalui smartphone. Fakta penggunaan internet dan smartphone ini menunjukkan bahwa perkembangan internet dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Salah satu media sosial yang digunakan sebagai alternatif pembelajaran adalah saluran youtube. Berdasarkan ulasan tersebut peneliti melakukan penelitian untuk menganalisis seberapa besar peran serta efektifnya belajar menggunakan saluran youtube sebagai media sosial alternatif dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran matematika sehingga dapat diperoleh manfaatnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan memanfaatkan google form sebagai media pengisian kuesioner. Pengukuran data menggunakan skala likert dengan 3 kategori sebagai alternatif jawaban yaitu setuju, netral dan tidak setuju sehingga dapat diperoleh manfaat dari penggunaan channel youtube sebagai mesia sosial alternatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 89,74% mahasiswa setuju bahwa dosen perlu terlibat dalam penggunaan youtube sebagai media sosial alternatif dalam pembelajaran di perkuliahan, 83,33% setuju youtube sebagai tempat diskusi, 79,92% setuju bahwa akses penggunaan youtube sangat mudah dan dapat dijadikan sebagai media informasi seputar perkuliahan, 64,1 % setuju youtube dapat membantu dalam mengerjakan tugas, 51,28% setuju youtube sebagai media tambahan pembelajaran dan akses dalam menambah jaringan pertemanan.
References
Ahmad Nurkhin, F Fachrurrozie. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pembelajaran Akuntansi di Perguruan Tinggi; Studi Empiris di Universitas Negeri Semarang, Seminar Nasional Pendidikan
Bodle, R. (2015). Social Learning with Social Media: Expanding and Extending the Communication Studies Classroom. In Teaching Arts and Science with the New Social Media Cutting-edge Technologies in Higher Education,3,107–126
Garcia, L. S., & Silva, C. M. C.(2018). Differences between perceived usefulness of social media and institutional channels by undergraduate students. Journal Interactive Technology and Smart Education, 14(3), 196–215
Latifah, A., & Prastowo, A. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Model Website Dan M-Learning Melalui Youtube Pada Mata Pelajaran PaI Kelas 2 SD/Mi. Jurnal Limas PGMI, 1(1),69-78
Mujianto, Haryadi. (2019). Pemanfaatn Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian.5(1),135-159
Naharir, R. A., Dantes, N., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng.Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 6(1),15-21
Purwandari, E. (2019) .Pemanfaatan Youtube Sebagai Sumber Belajar Fisika.Journal Of Education And Instruction (JOEAI), 2(2), 83-90
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tenggah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.
Sadiman, S.S., Rahardjo, R., Harjito Dan Hryono, A.(1996).Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada
Tohari, H., & Bachri, B. S. (2019). Pengaruh penggunaan YouTube. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 1–13.
Utami, F.T Dan Zannah. M.,(2021).Youtube Sebagai Sumber Informasi Bagi Peserta Didik Di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 11(1),78-84
YouTube for Press, https://www.youtube.com/about/press/;
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .