Systematic Literature Review : Efektifitas Media Pembelajaran untuk Mendorong Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i3.22190Keywords:
kemampuan, kemampuan komunikasi, kemampuan komunikasi matematis, media pembelajaran, model pembelajaranAbstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan atas dasar kurangnya siswa dalam memahami matematika melalui kemampuan komunikasi matematis. Berbagai macam model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan semestinya yaitu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan dilakukannya penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran dan model pembelajaran apa saja yang mendorong serta dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa. Metode penelitian ini yang diterapkan peneliti yaitu metode SLR (Systematic Literature Review) dengan mengumpulkan 28 artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian terdapat dua tabel yang berisi tentang media pembelajaran dan model pembelajaran yang mendorong serta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan dengan menggunakan sejumlah artikel jurnal yang relevan dan telah melalui proses seleksi dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran untuk mendukung kemampuan komunikasi matematis meningkat dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran.
Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, Media pembelajaran, Model pembelajaran
Abstract
This research was conducted on the basis of students' lack of understanding of mathematics through mathematical communication skills. Various kinds of learning models can be used to achieve their proper goals, namely improving students' mathematical communication skills. By conducting this research, it aims to find out what learning media and learning models encourage and can improve students' mathematical abilities. The research method applied to researchers is the SLR (Systematic Literature Review) method by collecting 28 articles related to this research. The results of the study are two tables containing learning media and learning models that encourage and can improve students' mathematical communication skills. Based on literature studies conducted using a number of relevant journal articles and having gone through a selection process, it can be concluded that learning media to support improved mathematical communication skills can use a variety of learning models.
Keywords: Mathematical communication ability, Learning media, Learning model
References
Ambarwati, R., Dwijanto, D., & Hendikawanti, P. (2015). Keefektifan model project-based learning berbasis GQM terhadap kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 180–186. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7601
Ananda, M., Fauzi, K. M. A., & Firmansyah, F. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(1), 28–37. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran daring materi eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438
Andriani, S. (2020). Upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Journal on Teacher Education, 1(2), 33–38. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.515
Ariesta, P. N., & Awalludin, S. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(1), 54–67. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2427
Armania, M., Eftafiyana, S., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis hubungan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa SMP dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1087–1094. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1087-1094
Br. Sembiring, R. F., & Siregar, R. M. (2020). Pengaruh model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Melati Binjai tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 52–59. https://doi.org/10.37755/jsm.v12i1.274
Ferdianto, F. (2015). Media audio visual pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX. Euclid, 2(2), 306–314. https://doi.org/10.33603/e.v2i2.365
Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/770
Hanipah, H., & Sumartini, T. S. (2021). Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara problem based learning dan direct instruction. PLUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83–96.
Hasibuan, S. A., & Hasibuan, S. S. (2020). Efektivitas bahan ajar matematika berbasis budaya mandailing dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. MAJU, 7(2), 141–152. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/513
Hendri Prayogi, A. (2019). Desain bahan ajar bangun datar segiempat berbasis kemampuan komunikasi matematis pada siswa SMP melalui model discovery learning. Jurnal LEMMA, 5(2), 100–111. https://doi.org/10.22202/jl.2019.v5i2.3259
Hendriana, B. (2018). Identifikasi kemampuan komunikasi matematis dan gaya belajar siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 01, 477–484.
Hidayat, R., Musdi, E., & Yerizon, Y. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 22–31. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.15469
Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal geometri kubus dan balok. PRISMA, 8(1), 68–79. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648
Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. PROGRES PENDIDIKAN, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.57
Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII di Kampung Cigulawing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n1_15
Jaya, A., Waluyo, S. B., & Siswanto, B. (2019). Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa kelas X SMA Negeri 4 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 410–415. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Karmila, U., & Atiqoh, K. S. N. (2021). Pendekatan matematika realistik dan kemampuan komunikasi matematis siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendagogik, 4(1), 1–11. https://doi.org/doi.org/10.35974/jpd.v4i1.2387
Kurniawan, Y., Tsurayya, A., & Ulfah, S. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik peserta didik SMP. JURNAL SILOGISME, 4(2), 74–80. https://doi.org/10.24269/silogisme.v4i2.1032
Mahadewi, N. K. N., Ardana, I. M., & Mertasari, N. M. S. (2020). Kemampuan komunikasi matematis melalui model reciprocal teaching berbantuan media interaktif. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 338–350. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3606
Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Erfan, M., Umar, U., & Sutisna, D. (2020). Kesalahan komunikasi matematis (tertulis) siswa ketika memahami soal cerita. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1), 1–7. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/5557
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar (studi literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526–1539. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.618
Mohammad Nabil Nurfaizi. (2021). Kemampuan komunikasi matematika siswa SMA dalam menyelesaikan soal cerita program linear ditinjau dari kecerdasan linguistik. EDUTEACH, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2424
Muhtadi, A. M., Saputro, A. N., & Yulianti, A. (2018). Analisis kemampuan komunikasi dan minat belajar matematis siswa SMP. Journal On Education, 01(02), 419–429.
Mulqiyono, S., Yuniar, D., & Anita, I. W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIII pada materi bangun datar segitiga dan segi empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 599–606. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p599-606
Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan perbedaan gender. Edumatica, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880
Pambudi, D. S., Aini, R. Q., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Hussen, S. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam matematika nalaria berdasarkan jenis kelamin. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 136–148. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4206
Putri, N. I. P., & Sundayana, R. (2021). Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara problem based learning dan inquiry learning. PLUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 157–168. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n1_13
Rahmawati, C., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis kemampuan komunikasi siswa menengah terhadap resiliensi matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 147–154. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i3.p147-154
Rahmayani, S. R., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi himpunan. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(1), 10–18. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/1800
Ramadhani, L., Johar, R., & Ansari, B. I. (2021). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari keterlibatan siswa melalui pendekatan realistik mathematics education (RME). AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 68–84. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8825
Rangkuti, R. K., Ritonga, W. A., & Ritonga, S. I. (2020). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pembelajaran ekspositori berbantuan media autograph. Jurnal Alkhawarizmi: Pendidikan Matematika, 01(01), 7–14. https://docplayer.info/194159821-Peningkatan-kemampuan-komunikasi-matematis-melalui-pembelajaran-ekspositori-berbantuan-media-autograph.html
Rianti Rahmalia, Hajidin, H., & Ansari, B. (2020). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa SMP melalui model problem based learning. Numeracy, 7(1), 137–149. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038
Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh penerapan media unomath untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 521–532. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.772
Sahrul, S., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP kelas VIII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 626–636. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.277
Sarini, E. (2019). Pengaruh kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 9–15. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/8253
Sartika, R. (2017). Pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematika, kemampuan penalaran dan kemampuan pemahaman konsep matematika bagi siswa kelas X MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 108–117. https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3106
Soleh, E. R. A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan aktivitas belajar siswa menggunakan model problem based learning. PRISMA, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.798
Supriadi, N. (2015). Pembelajaran geometri berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–109. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.20
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. Maju, 7(2), 118–125. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/511
Syah, J. M., & Sofyan, D. (2021). kemampuan komunikasi matematis siswa SMP di kampung Paledang Suci Kaler pada materi segiempat dan segitiga. PLUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 373–384. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n2_15/860
Ubaidah, N. (2016). Pemanfaatan CD pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran make a match. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 4(1), 53–70. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313017/9496nila_artikel_p.mat_2016.pdf
Wahyu, M. N., Sutiarso, S., & Bharata, H. (2020). Pembelajaran soft skill komunikasi untuk menigkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 406–413.
Yanti, A. H. (2017). Penerapan model problem base learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118–129. https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.3696
Yanti, A. W., & Novitasari, N. A. (2021). Penggunaan jurnal reflektif pada pembelajaran matematika untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 321–332. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.891
Yuliastuti, D., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbasis power director : Upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 12(2), 104–116.
Yuniarti, N., Sulasmini, L., Rahmadhani, E., Rohaeti, E. E., & Fitriani, N. (2018). Hubungan kemampuan komunikasi matematis dengan self esteem siswa SMP melalui pendekatan contextual teaching and learning pada materi segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 62–72. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.871
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hilda Hilda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .