Pengembangan E-Modul Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Koordinat Kartesius di SMP

Authors

  • Santi Cahyo Dewanti UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Ummu Sholihah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i3.22260

Keywords:

Wordwall, Hasil Belajar Siswa, Media Pembelajaran

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan diseluruh aspek kehidupan salah satunya adalah pada sistem pendidikan. Diperlukan suatu media yang dapat memfasilitasi dan menarik siswa untuk melakukan aktifitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Modul berbasis aplikasi wordwall. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Penelitian dilaksanakan di Desa Sukowetan, dengan subjek penelitian kelas VII SMPN 3 Karangan. Adapun hasil penelitian adalah melalui penilaian pakar pendidikan dan media menyatakan bahwa media pembelajaran ini sebagai media yang valid. Begitu juga survey pengguna mendapatkan skor yang tinggi terhadap ketertarikan dan juga penilaian hasil belajar. Media pembelajaran ini kedepannya dapat dikembangkan kembali dengan menambah materi dan fitur lain seperti animasi serta tidak menutup kemungkinan untuk mengkombinasikan dengan aplikasi digital lainnya.

Author Biographies

Santi Cahyo Dewanti, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan Matematika

Ummu Sholihah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Dosen

References

Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 148. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9450

Andini, I., Safitri, N. A. N., & Hendri. (2022). Analisis Efek Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan di Indonesia. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 196–204.

Babalola, E. O., & Omolafe, E. V. (2022). Detail Experimental Procedure for the Construction Process of Robotic Devices to Teach Aspect of Auto Mechanic. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 2(2), 169–176. https://doi.org/10.17509/ajsee.v2i2.42765

Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141–150. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585

Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334

Fitraini, D., Maisyah, I., & Kurniati, A. (2021). Pengaruh Scaffolding terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 49–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12353

Haerunnisa, D., Imami, A. I., & Info, A. (2022). Analisis Kecemasan Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.232

Hidayat, R., Musdi, E., & Yerizon. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. Media Pendidikan Matematika, 6(3), 22–31. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.15469

Hong, J. C., Lee, Y. F., & Ye, J. H. (2021). Procrastination Predicts Online Self-Regulated Learning and Online Learning Ineffectiveness During The Coronavirus Lockdown. Personality and Individual Differences, 174, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110673

Karyada, P. F., Wardana, P. M. A., & Sanjaya, K. O. (2022). Pengembangan E-Book Tematik Integratif Berbasis Game Sebagai Media Pembelajaran Kearifan Lokal. Karmapati, 11(1), 104–115. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i1.45189

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. (n.d.-a). Retrieved May 24, 2022, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. (n.d.-b). Retrieved May 24, 2022, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/08/kemendikbudristek-dorong-ptm-terbatas-di-wilayah-ppkm-level-1-2-dan-3

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Maharani, A. (2020). Computational Thinking dalam Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Society 5.0. Euclid, 7(2), 86. https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3364

Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa: Literature Review. Aksioma, 13(1), 165–178.

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., Aprillia, W., & Dahlan, U. A. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative, 1(2), 552–560. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109

Nihayah, E. F. K. (2021). Analisis Penguasaan Materi Prasyarat Aljabar Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 26–39. https://doi.org/https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.127

Padahala, A. Y., Husen, F. R., Djaha, K. M., & Lalang, D. (2021). Penggunaan Alat Peraga Konversi Satuan Panjang (Kosapa) dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)-Aphelion, 2(1), 64–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/jpka.v2i1.12570

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah DasarT. Educenter, 1(5), 452–457. https://doi.org/https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

Sulistyanto, S., Mutohhari, F., Kurniawan, A., & Ratnawati, D. (2021). Kebutuhan Kompetensi dalam Pasar Tenaga Kerja di Era Revolusi Industri 4.0 bagi Siswa SMK. Jurnal Taman Vokasi, 9(1), 25–35. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.7742

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68–83. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20375

Wordwall - Aplikasi di Google Play. (n.d.). Retrieved June 3, 2022, from https://play.google.com/store/apps/details?id=com.niotron.wordwall

Published

2022-12-31

How to Cite

Dewanti, S. C., & Sholihah, U. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Koordinat Kartesius di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(3), 65–75. https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i3.22260

Issue

Section

Articles