Pengembangan E-Modul Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Koordinat Kartesius di SMP
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i3.22260Keywords:
Wordwall, Hasil Belajar Siswa, Media PembelajaranAbstract
Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan diseluruh aspek kehidupan salah satunya adalah pada sistem pendidikan. Diperlukan suatu media yang dapat memfasilitasi dan menarik siswa untuk melakukan aktifitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Modul berbasis aplikasi wordwall. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Penelitian dilaksanakan di Desa Sukowetan, dengan subjek penelitian kelas VII SMPN 3 Karangan. Adapun hasil penelitian adalah melalui penilaian pakar pendidikan dan media menyatakan bahwa media pembelajaran ini sebagai media yang valid. Begitu juga survey pengguna mendapatkan skor yang tinggi terhadap ketertarikan dan juga penilaian hasil belajar. Media pembelajaran ini kedepannya dapat dikembangkan kembali dengan menambah materi dan fitur lain seperti animasi serta tidak menutup kemungkinan untuk mengkombinasikan dengan aplikasi digital lainnya.
References
Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 148. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9450
Andini, I., Safitri, N. A. N., & Hendri. (2022). Analisis Efek Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan di Indonesia. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 196–204.
Babalola, E. O., & Omolafe, E. V. (2022). Detail Experimental Procedure for the Construction Process of Robotic Devices to Teach Aspect of Auto Mechanic. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 2(2), 169–176. https://doi.org/10.17509/ajsee.v2i2.42765
Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141–150. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585
Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334
Fitraini, D., Maisyah, I., & Kurniati, A. (2021). Pengaruh Scaffolding terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 49–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12353
Haerunnisa, D., Imami, A. I., & Info, A. (2022). Analisis Kecemasan Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.232
Hidayat, R., Musdi, E., & Yerizon. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. Media Pendidikan Matematika, 6(3), 22–31. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.15469
Hong, J. C., Lee, Y. F., & Ye, J. H. (2021). Procrastination Predicts Online Self-Regulated Learning and Online Learning Ineffectiveness During The Coronavirus Lockdown. Personality and Individual Differences, 174, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110673
Karyada, P. F., Wardana, P. M. A., & Sanjaya, K. O. (2022). Pengembangan E-Book Tematik Integratif Berbasis Game Sebagai Media Pembelajaran Kearifan Lokal. Karmapati, 11(1), 104–115. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i1.45189
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. (n.d.-a). Retrieved May 24, 2022, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. (n.d.-b). Retrieved May 24, 2022, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/08/kemendikbudristek-dorong-ptm-terbatas-di-wilayah-ppkm-level-1-2-dan-3
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400
Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Maharani, A. (2020). Computational Thinking dalam Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Society 5.0. Euclid, 7(2), 86. https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3364
Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa: Literature Review. Aksioma, 13(1), 165–178.
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., Aprillia, W., & Dahlan, U. A. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative, 1(2), 552–560. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109
Nihayah, E. F. K. (2021). Analisis Penguasaan Materi Prasyarat Aljabar Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 26–39. https://doi.org/https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.127
Padahala, A. Y., Husen, F. R., Djaha, K. M., & Lalang, D. (2021). Penggunaan Alat Peraga Konversi Satuan Panjang (Kosapa) dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)-Aphelion, 2(1), 64–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/jpka.v2i1.12570
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah DasarT. Educenter, 1(5), 452–457. https://doi.org/https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162
Sulistyanto, S., Mutohhari, F., Kurniawan, A., & Ratnawati, D. (2021). Kebutuhan Kompetensi dalam Pasar Tenaga Kerja di Era Revolusi Industri 4.0 bagi Siswa SMK. Jurnal Taman Vokasi, 9(1), 25–35. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.7742
Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68–83. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20375
Wordwall - Aplikasi di Google Play. (n.d.). Retrieved June 3, 2022, from https://play.google.com/store/apps/details?id=com.niotron.wordwall
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Santi Cahyo Dewanti, Ummu Sholihah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .