Perbandingan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Geogebra
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i3.23467Keywords:
pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis matematis, komunikasi matematis, geogebraAbstract
Abstrak
Mengingat pentingnya kemampuan berpikir kritis matematis dan komunikasi matematis bagi siswa, maka diperlukan suatu cara yang tepat untuk mengelola proses pembelajaran yang inovatif sehingga dapat dicerna dengan baik oleh peserta didik agar dapat menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika. Salah satu model yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan
model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran CPS dan TTW terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan komunikasi matematis siswa pada materi Persamaan Garis Lurus. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Swasta YPK Medan yang
tersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga terpilih dua kelas yaitu kelas VIII-A dan VIII-B dengan jumlah siswa 40 orang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa. Sebelum uji hipotesis penelitian dilaksanakan, telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan hasil uji prasyarat data adalah semuanya berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya hipotesis penelitian diuji menggunakan analisis Anova Dua Jalur. Analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran CPS dan TTW memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, Kemampuan berpikir kritis matematis, Komunikasi matematis, Geogebra
Abstract
Considering the importance of critical thinking and mathematical communication skills for students, an appropriate way is needed to manage an innovative learning process so that it can be digested properly by students in order to solve problems in learning mathematics. One of the models that can be used is to apply the Creative Problem Solving (CPS) and the Think-Talk-Write (TTW) learning model. This study aims to see the effect of the CPS and TTW learning models on students' mathematical critical thinking and mathematical communication skills on the material of Straight Line Equations. The population of this study were all students of class VIII Junior High School YPK Medan, which was spread over 4 classes. This type of research is quasi-experimental with a test instrument for students critical thinking skills and mathematical communication. Before the research hypothesis test was carried out, a prerequisite test was carried out, namely the normality test and homogeneity test, with the results of the prerequisite test data being all normally distributed and homogeneous. Furthermore, the research hypotheses were tested using two-way ANOVA analysis. The data analysis of this study showed that CPS and TTW learning had a significant positive effect on increasing students' critical thinking skills.
Keywords: Problem-based learning; Mathematical thinking skills; Mathematical communication; Geogebra
References
Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 7(1), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20143
Batubara, I. H., & Sari, I. P. (2020). Penggunaan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Seminar of Social Sciences Engineering & Humaniora, 398–406. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/scenario/article/view/1212
Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 108–114. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i2.1122
Febriantina, D., Purnomo, E., & Darsono. (2016). Perbandingan Model CPS dan PBL Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dengan Minat Belajar. Jurnal Studi Sosial, 4(3).
Ghanizadeh, A. (2017). The Interplay Between Reflective Thinking, Critical Thinking, Self-monitoring, and Academic Achievement in Higher Education. Higher Education, 74(1), 101–114. https://doi.org/10.1007/s10734-016-0031-y
Handayani, E. D., Kusnawati, E., Sari, N. M., Yaniawati, P., & Zulkarnaen, M. I. (2022). Implementation of Geogebra-Assisted Creative Problem Solving Model to Improve Problem Solving Ability and Learning Interest Students. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 33–47. https://doi.org/10.24042/ajpm.v13i1.11341
Malisa, S., Bakti, I., & Iriani, R. (2018). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Vidya Karya, 33(1), 1. https://doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5388
Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.992
Murwatiningsih, E., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Model Think Talk Write dan Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas 4 SD. Satya Widya, 35(1), 42–53. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p42-53
Mutiarawati, I. S., Supandi, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran CPS Berbantuan Media Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 24–29. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3849
Nandau, L. N., Syaban, M., & Retnaningrum, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 29–36.
Pratiwi, A. R., & Qohar, A. (2020). Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 99–109. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9902
Pratiwi, G. S., Bahar, A., & Elvia, R. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kimia Siswa. ALOTROP: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 3(2), 185–194. https://doi.org/10.33369/atp.v3i2.10497
Ruseffendi, H. E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sari, Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Journal of Education, 01(03), 411–416. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.182
Sari, N. P. W., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(5), 551–564.
Sari, R. M. V. N., Ardana, I. M., & Suweken, G. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CPS Berbantuan GeoGebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), 99–113. https://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8279
Sulaeman, M. G., Jusniani, N., & Monariska, E. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 66–80. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.992
Sulistyowati, Y., & Sugiman. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Creative Problem Solving. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 219–232. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9082
Woolfolk, A. (2016). Educational Psychology (Thirteenth). London: Pearson Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zulfikar Zulfikar, Zainal Azis, Marah Doly Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .