KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN ADAPTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUKLIGGAU YANG DIAJAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN TIPE STRUCTURE DYADIC METHOD

Authors

  • Reni Iriyanti
  • Saleh Haji
  • Zamzaili zamzaili

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3103

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran adaptif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau yang diajar melalui  pendekatan pembelajaran Matematika Realistik dengan tipe Structured Dyadic Methods lebih tinggi daripada yang diajar melalui pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen.. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII pada SMP Negeri 2 Lubuklinggau tahun pelajaran 2015/2016. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dan VIII3 sebanyak 60 orang.  Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Analisis data menggunakan uji  ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik dengan tipe Structured Dyadic Methods lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan konvensional. Kemampuan penalaran adaptif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik dengan tipe Structured Dyadic Methods lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan konvensional.

 

Kata kunci: Pemahaman konsep, Penalaran adaptif, Pendekatan Pembelajaran matematika realistik, Structure Dyadic Method

References

Abidin, Y. (2009). Guru dan Pembelajaran Bermutu. Bandung: Rizqi.

Arifin, H.M. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsim (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta.

Flesch, M. & Ostler, E. (2011). An Analysis of How Proctoring Exams in Online Mathematics Offerings Affects Student Learning and Course Integrity. The Indefinite Accumulation of Finite Amounts: A Socratic Educative Experience, 2011(1).

Huda (2011). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kilpatrick, J.; Swafford, J.; & Findell, D. (Eds) (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington: Natonal Academy Press.

Marpaung, Y. (2010). Karakteristik PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Papper Karakteristik PMRI.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2016-06-01

How to Cite

Iriyanti, R., Haji, S., & zamzaili, Z. (2016). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN ADAPTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUKLIGGAU YANG DIAJAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN TIPE STRUCTURE DYADIC METHOD. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1). https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3103

Issue

Section

Articles