MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER YANG MEMBUMI DI BUMI PAT PETULAI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP IT RABBI RADHIYYA REJANG LEBONG
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3104Abstract
Model pembelajaran yang membumi di Rejang Lebong memiliki tiga sikel yaitu Peluncuran Masalah yang berbasis Budaya Rejang Lebong, Eksplorasi, dan Penyimpulan. Model pembelajaran matematika tersebut berbasis pendidikan karakter bisa diciptakan di curup karena sikap dan kepribadian masyarakat Indonesia yang jujur, disiplin, percaya diri, peduli, mandiri, gigih, tegas, bertanggungjawab, kreatif, bersikap kritis, terkenal dengan semboyannya Pat petulai : pat sepakat lemo seperno.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Matematika, Pendidikan Karakter
References
Asiala, Mark; Dubinsky, Ed; Mathews, D.; Morics, Steven; & Oktac, Asuman. 2000. Development of Student’s Understanding of Cosets, Normality, and Quontient Groups. http:www.sciencedirect/science/
Abdul Hakam Kama. 2002. Pendidikan Nilai. Bandung: Value Press
Abdurrahman Syaikh. 1998. Soal-Jawab Masalah Tauhid dan Sendi-Sendi Iman. Jakarta: MUS
Adi Sasono, Saefuddin, dkk. 1998. Solusi Islam atas Problematika Umat. Jakarta: Gema Insani Pers
Arikunto Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Armai, Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pres
Chaedar, Alwasilah. 2002. Pokoknya Kualiatif Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Jaya
Al Rasyidin. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press
Al-Ghazali. 1999. Transedensi ilahi. Surabaya: Pustaka Progressif
Azizy A Qodri. 2004. Membangun Fondasi ekonomi umat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dewi Herawaty dan Wahyu widada. 2005. Kualitas Respon Siswa berbasis Taksonomi SOLO untuk matematika SMP tentang SPL. Laporan Penelitian Mandiri
Herawaty, Dewi. 2003. Pembelajaran Matematika Realistik pokok bahasan Persamaan Linier Satu Variabel di SLTPN 21 Surabaya. Tesis. PPs. UNESA
Kosasih, Djahiri. 2007. Kapita Selekta Pembelajaran. Bandung. Lab PMPKN FPIPS UPI Bandung
Risieri, Frondizi. 2001. Pengantar Filsafat Nilai. Yogyakarta: Pusta Pelajar
Elliot, John. 1993. Action Research for Educational Change. Buckingham: Open University Press.
Fogorty R. 1991. How to Integrate, The Curricula, Palalitne, Illionis:IRI/Skylike Publisher,inc.
Arfin, Hamid. 2007. Hukum Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah) di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia
Halpern, Diene F. (ED) 1992. En Hancing Thinking Skills in the Science and Mathematics. New Jersey: Lawrence Erlbaum Ashers. Associates, publishers.
Irfan Mohammad, Matsuki. 2000. Teologi Pendidikan; Tauhid sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani
Kusnadi. 2000. Pengembangan Pembelajaran Integrasi Nilai-Nilai Tauhid dalam Pembelajaran Geografi. PPS UPI Bandung (Tesis)
Kemp. Jerrold E. 1985. The Instructucional Design Process. New York: Harper & Row Publisher, Inc.
Kemmis, S & Me Taggart, R. 1998. The Action Research Planner. 3 rd ed. Victoria: Deakin University
Minister of Education: Victoria. 1986. Learning Through an Integrated Currriculum: Approuches & Guidelines
Moleong Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mulyana, Rahmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta
Nata Abuddin, dkk. 2002. Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Naim, Mochtar. 2001. Kopendium Himpunan Ayat-Ayat Al qur’an yang berkaitan dengan Ekonomi. Padang: Hasanah
Naqvi Syed Nawab Haider.1985. Etika dan Ilmu Ekonomi. Bandung: Mizan
Sofyan Sauri dan Diding Nurdi. 2008. Pengembangan Model Pendidikan Nilai Berbasis sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Laporan Awal Hibah Pasca.
Sumanto. 2004. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMP kelas II tentang Hidorfer dan Atmosfer. Tesis S-2. Unipa Surabaya
Solso. 1995. Cognitive Psychology. New York: McGraw Hill
Treffers. 1991. Realistic mathematics Education in The Netherlands 1980-1990. “Realistic Mathematics Education in Primary School”. Freudenthal Institute. Netherlands
Verschaffel, Lieven; De Corte, Eric. 1997. Teaching realistic Mathematical Modelling in the Elementry School: A Teaching Experiment With Fifth Graders. Dimuat dalam Journal for Research in Mathematics Education. Vol 28. No 5
Wahyu Widada. 2001. Struktur Representasi Pengetahuan Siswa tentang Grafik Fungsi dan Deret tak hingga. Artikel disajikan dalam Seminar nasional Matematika II FMATEMATIKA UNNES Semarang 27 Agustus 2001.
Wahyu Widada. 2002a. Skema Siswa tentang Sketsa Grafik Fungsi. Artikel dimuat dalam Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (JPMS) tahun VII No. 3, dan disajikan pada Seminar Nasional Hasil Penelitian MATEMATIKA yang diselenggarakan oleh FMATEMATIKA UNY di Hotel Ambarukmo 28 Oktober 2002.
Wahyu Widada. 2002b. Teori APOS sebagai Suatu Alat Analisis Dekomposisi Genetik terhadap Perkembangan Konsep Matematika Seseorang. Artikel dimuat dalam Journal of Indonesian Mathematical Society (MIHMI) Vol.8 No. 3, setelah disajikan dalam pertemuan ilmiah siswa S3 Matematika dan Pendidikan Matematika seIndonesia & The Indonesian Applied Mathematical Society in The Netherlands (IAMS-N) di P4M ITB 4-5 Juli 2002.
Wahyu Widada. 2002c. Model Interaksi Skema Siswa tentang Permasalahn Grafik Fungsi pada Kalkulus. Artikel dimuat dalam Jurnal Matematika atau Pembelajarannya UM
Malang Tahun VIII Juli 2002, dan disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XI di UM Malang, 22-25 Juli 2005.
Wahyu Widada. 2002d. Sikel Pengajaran ACE: Membantu Siswa dalam proses mengkonstruksi matematika. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional MATEMATIKA UM Malang bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (IMSTEP-JICA) 2 Agustus 2002.
Wahyu Widada. 2002e. Model Interaksi dari beberapa Objek Matematika. Artikel dimuat dalam Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Gentengkali. Vol 4 No.1.2
Widada, Wahyu. 2002. Pendekatan-pendekatan dalam Pembelajaran Matematika. Surabaya: Penerbit Vera
Widada, Wahyu. 2004. Pendekatan Pembelajaran Matematika berbasis Masalah. Surabaya: Unipa Press
Widada, Wahyu. 2005. Kiat meningkatkan kompetensi matematika peserta didik melalui pengembangan skema. Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .