Nilai-nilai matematika pada batik Besurek Bengkulu

Authors

  • Saleh Haji Department of Mathematics Education, Universitas Bengkulu
  • Yumiati Yumiati Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i1.5714

Keywords:

Nilai matematika, Batik Besurek Bengkulu

Abstract

Batik besurek Bengkulu merupakan produk budaya masyarakat Bengkulu yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia mengandung berbagai nilai kehidupan. Salah satunya mengandung nilai-nilai matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai matematika yang terkandung dalam batik besurek Bengkulu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa batik besurek Bengkulu mengandung berbagai nilai matematika. Kesimpulan penelitian adalah terdapat sekurangnya terdapat 4 nilai matematika yang terkandung pada batik besurek Bengkulu yaitu: Kesepakatan, Konsisten dalam sistem, Memiliki simbol yang kosong arti, dan memperhatikan semesta pembicaraan.

Author Biography

Saleh Haji, Department of Mathematics Education, Universitas Bengkulu

References

Adisusilo, S. (2014). Pembelajaran nilai-nilai karakter. Jakarta: Rajawali Pers.

Anwar, S., & Sofyan, K. (1996/1997). Fungsi dan nilai kain Basurek bagi masyarakat Bengkulu. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Djati, K. (2002). Kamus matematika. Jakarta: Balai Pustaka.

Haji, S. (2013a). Mathematics Contribution toward developing student character value. Paper in International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education. Organized by Faculty of Mathematics and Science Education Universitas Pendidikan Indonesia. October 19, 2013.

Haji, S. (2013b). Critical thinking and emotional intelegence in mathematics learning. Proceedings International Seminar & Workshop on Education and Design Research in Graduate Program Padang State University. Held in 28th-30th September 2013.

Haji, S., & Abdullah, M.I. (2015). Membangun kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran matematika realistik. Jurnal Infinity. STKIP Siliwangi. Volume 4, Nomor 1, Februari 2015.

Haryono, L. (2018). Nilai dan makna pada kain batik Basurek yang mengandung unsur kaligrafi Arab di Bengkulu. Retrived from http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1545.

Herlina, M., Kamaludin, K., & Gushevinalti (2016). IbPE kerajinan kain Besurek (Batik khas Bengkulu) di Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu. Makalah Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) UNMAS Denpasar pada tanggal 29-30 Agustus 2016.

http://www.batikbumi.net/2016/10/batik-bengkulu.html. Batik Bengkulu. Diakses tanggal 29 Juni 2018.

https://id.wikipedia.org/wiki/Batik_Besurek. Batik Besurek. Diakses tanggal 29-6-2018.

https://bengkulu.antaranews.com/berita/46986/membangkitkan-marwah-batik-besurek. Diakses tanggal 29-6-2018

Hudoyo, H. (1979). Pengembangan kurikulum matematika & pelaksanaannya di depan kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Ini, M. (2018). Sejarah batik Basurek kain khas dari Bengkulu. https://www.mildaini.com/2015/11/sejarah-batik-besurek-kain-khas-dari.html. Diakses tanggal 28 Juni 2018.

Yumiati (2013). Critical thinking in mathematics: what, why, and how can be developed in mathematics learning. International Seminar & Workshop on Education and Design Reseach, 2013, September, UNP Padang.

Yumiati & Noviyanti, M. (2017). Analisys of mathematics representation ability of yunior high school students in the implementation of guided inquiry learning. Infinity, Journal of Mathematics Education. Vol. 6, No. 2, September 2017.

Koentjaraningrat (1985). Metode-metode penelitian masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Moleong, L.J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Rosda.

Ruseffendi, H.E.T (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sanaran, I. dkk. (1998). Kerajinan kain Besurek. Solo: PT Tiga Serangkai.

Soedjadi, R. (1999/2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sukardjono (2008). Hakikat dan sejarah matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suriasumantri, J.S. (2007). Filsafat ilmu sebuah pengantar populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Raths, L.E., Harmin, M., & Simon (1978). Values and teaching: working with values in the classroom. Second Edition. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.

Downloads

Published

2018-06-06

How to Cite

Haji, S., & Yumiati, Y. (2018). Nilai-nilai matematika pada batik Besurek Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i1.5714

Issue

Section

Articles