Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dan Model Pembelajaran Luar Kelas

Authors

  • Detty Syefriyani Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7518

Keywords:

Pembelajaran Pencapaian Konsep, Pembelajaran Luar Kelas, Kemampuan Pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dan Model Pembelajaran Luar Kelas Di SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Sampel dalam penelitian ini diperlukan 2 kelas yang mempunyai distribusi normal dan varians yang homogen. adalah siswa kelas VII 3 dan VII 4 SMP Negeri 11 Kota Lubuklinggau. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran pencapaian konsep dan pembelajaran luar kelas di SMP Negeri 11 Lubuklinggau, tampak nilai statistik t hitung = - 2, 460 dengan angka signifikansi 0,017.

References

Herawaty, Dewi & Widada, Wahyu. (2018). The Influence of Contextual Learning Models and the Cognitive Conflict to Understand Matematical Concepts and Problems Solving Abilities. Atlantis Press, Vol 218.

Herawaty, D, (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 2(1). 46-64.

Elita. (2010). Penerapan Model Pencapaian Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Miftahul Ulum Tanjungpinang. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. http://repository.uin-suska.ac.id/1025/

Haji, S. (2009). Mengajarkan Matematika yang Menyenangkan Wujud Profesionalisme Guru Matematika. (Disampaikan dalam Kegiatan Seminar Nasional Sertifikasi Guru Yang Diselenggarakan Oleh FKIP UNIB).

Hasan, M Iqbal. (2008). Pokok-pokok Materi Statistik 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2012). Statistik untuk penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2016). Mengembangkan Self Concept Siswa melalui Model Pembelajaran Concept Attainment. Mosharafa Vol. 4, No. 2, Mei 2015, 4(2), 48-57.

Widiarworo, Erwin. (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yogyakarta: AR- Ruzz Media.

Widada, W., Sunardi, H., Herawaty, D., Damara, B. E. P., Syefriani, D. (2018). Abstract Level Characteristis in Solo Taxonomy during Ethonathematics Learning. Internasional Journal of Science and Research (IJSR). ISSN.2319-7064.

Published

2018-12-20

How to Cite

Syefriyani, D. (2018). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dan Model Pembelajaran Luar Kelas. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 141–147. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7518

Issue

Section

Articles