Pembelajaran TAI dengan Open Ended Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Curup

Authors

  • Nilna Ma’Rifah
  • Wahyu Widada Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7523

Keywords:

Kemampuan berpikir Kritis, Team Assisted Individualization (TAI), Soal open ended

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan Soal Open Ended, sehingga terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa IAIN Curup. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Tadris Matematika Semester III IAIN Curup. Hasil penelitian menunjukan Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan Soal Open Ended, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis ditingkatkan dengan cara membentuk kelompok baru dengan berdasarkan hasil tes Kemampuan berpikir kritis, memberikan pengurangan nilai jika mahasiswa menyalin lembar jawaban dan tidak mengerjakan soal sesuai tipe,menentukan tipe soal yang dikerjakan oleh mahasiswa dan mahasiswa wajib memberikan tanda tangan seteleh mengecek jawaban mahasiswa, memberikan lembar jawaban untuk kelompok yang telah mengerjakan Soal 4 tipe di tahap pengecekan, menginformasikan perwakilan kelompok pada tahap Teaching group ditentukan dengan acak sehingga setiap anggota mempersiapkan diri untuk belajar menjelaskan dan menguasai materi. Peningkatan tes kemampuan berpikir kritis mahasiswa dari Siklus I hingga Siklus II yaitu: 67,78;84,706.

References

Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : PT Refika Aditama.

Ermalinda, Paizaluddin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas: (Classroom Action. Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta. Hamalik, Oemar.

Fitriawati, Nina. (2010) Penerapan model Pembelajran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di MTsN Selorejo Blitar.(UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.)

Ibrahim & Suparni. (2009). Strategi Pembelejaran Matematika. Yogyakarta : Teras.

Johnson, Elaine B. (2010). Contextual Teaching and Learning :

Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna.

Bandung: Kaifa

Jumri, R., Widada, W., & Herawaty, D. (2018). Improving the Innovation of Mathematics Education Undergraduate through Cooperative Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(2), 2016–2019. https://doi.org/10.21275/ART201818

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Sudjana. (2001). Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.

Suherman dkk. (2003). Strategi Pembelejaran Matematika Kontemporer. FKIP Matematika UPI.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Widada, W. (2002). Teori APOS sebagai Suatu Alat Analisis Dekomposisi Genetik terhadap Perkembangan Konsep Matematika Seseorang. Journal of Indonesian Mathematicel Society (MIHMI), 8(3).

Widada, W. (2004). Pendekatan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah. Surabays: Unipa Press.

Widada, W. (2015). Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 22(1), 31–44. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran

Widada, W., & Herawaty, D. (2017). Dekomposisi Genetik tentang Hambatan Mahasiswa dalam Menerapkan Sifat-sifat Turunan. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 136–151. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i2.9216

Published

2019-05-30

How to Cite

Ma’Rifah, N., & Widada, W. (2019). Pembelajaran TAI dengan Open Ended Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Curup. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7523

Issue

Section

Articles