Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pemecahan Masalah Analisis Real

Authors

  • Suryo Widodo "Universitas Nusantara PGRI Kediri"
  • Ika Santia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Jatmiko Jatmiko Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9747

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Mahasiswa Pendidikan Matematika, Analisis Real

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan pemikiran reflektif dan masuk akal yang berfokus pada pengambilan keputusan tentang apa yang kita akan lakukan atau apa yang kita yakini. Berpikir kritis penting dalam kaitannya dengan pemecahan masalah. Pentingnya kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah tersebut belum terlihat pada proses pemecahan masalah analisis real mahasiswa pendidikan matematika di Kediri. Oleh karena itu dilakukan penelitian kualitatif eksploratif yang bertujuan mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan matematika dalam memecahkan masalah analisis real. Pesertanya adalah 24 mahasiswa semester 5 program studi pendidikan matematika dalam kelas matakuliah analisis real I di Universitas Nusantara PGRI Kediri yang digunakan sebagai kelas Lesson Study. Dari 24 peserta terpilih 2 subjek penelitian berdasarkan kelengkapan langkah penyelesaian masalah. Adapun hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat dua mahasiswa  yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan pemenuhan setiap indikator berpikir kritis pada langkah pemecahan masalah analisis real.

References

As’ari, A. R., Mahmudi, A., & Nuerlaelah, E. (2017). Our Prospective Mathematic Teachers are Not Critical Thinkers Yet. Journal on Mathematics Education, 8(2), 145-156.

Baker, M. (1991). Relationships Between Critical and Creative Thinking. Texas Tech University. Press

D. Bok, (2006). Our Underachieving Colleges: A candid look at how much students learn and why they should be learning more. Princeton: Princeton University Press.

D. Halpern, (2001). Assessing the Effectiveness of Critical Thinking Instruction. Journal of General Education, 50(4): 270-286.

Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership, 43(2), 44-48.

Ennis, R. H. (1989). Critical Thinking and Subject Specificity: Clarification and Needed Research. Educational Researcher, 18(3), 4–10

Facione, P. A. (2000). The Disposition toward Critical Thinking: Its Character, Measurement, and Relationship to Critical Thinking Skill. Informal Logic, 20(1), 61-84. doi: 10.22329/il.v20i1.2254

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.

Santia, I., Purwanto, Sutawidjadja, A., Sudirman, & Subanji. (2019). Exploring Mathematical Representations In Solving Ill-Structured Problems: The Case Of Quadratic Function. Journal on Mathematics Education, 10(3), 365-378

Taube, K. T. (1995). Critical Thinking Ability and Disposition as Factors of Performance on a Written Critical Thinking Test. The Journal of General Education, 46(2), 129–164

Published

2019-12-02

How to Cite

Widodo, S., Santia, I., & Jatmiko, J. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pemecahan Masalah Analisis Real. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 1–14. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9747